Kabar Bima

PAD Pemkot Bima Tahun 2018 Lampaui Target

222
×

PAD Pemkot Bima Tahun 2018 Lampaui Target

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bima tahun 2018 sangat membanggakan. Meskipun target telah dinaikan lebih dari Rp 10 Miliar pada perubahan APBD,  Pemerintah Kota Bima (Pemkot) masih bisa merealisasi target yang ditetapkan.

PAD Pemkot Bima Tahun 2018 Lampaui Target - Kabar Harian Bima
Kepala Bidang Penagihan dan Keberatan BPKAD Kota Bima M Natsir. Foto: Binatsir

“Target sebanyak Rp 44,309 Miliar dan capaiannya mencapai Rp 45, 943 Miliar,” sebut Kepala Bidang Penagihan dan Keberatan BPKAD Kota Bima M Natsir, Senin (21/1).

PAD Pemkot Bima Tahun 2018 Lampaui Target - Kabar Harian Bima

Natsir menjelaskan, kemampuan capaian tersebut dipengaruhi oleh semakin tingginya kesadaran dan perhatian pada tingkat OPD, untuk lebih serius mencapai target yang telah ditetapkan.

Kendati, harus diakui masih terdapat beberapa kendala dan hal pengorganisasian dan teknis pengeloaan PAD yang mengalami ketertinggalan atau agak mundur capaian. Diantaranya, Dinas Perhubungan, Dinas Kebudayaan dan Parawisata, dan Dinas Lingkungan Hidup.

Namun demikian, untuk tahun 2019 telah disediakan peraturan Walikota Bima mengenai tata cara pemungutan Retribusi Daerah dan Pengaturan terkait OPD Penanggungjawab PAD.

“Kami masih optimis bahwa, meskipun target PAD telah dinaikkan menjadi Rp 51 Miliar, tetap dapat direalisasi, bahkan berpeluang adanya pelampauan target,” katanya.

Dari beberapa OPD yang mengalami penurunan target capaian sambungnya, diharapkan dapat terjadi peningkatan di tahun 2019 melalui peraturan Walikota Bima.

*Kahaba-07