Kabar Bima

Rutan Bima Over Kapasitas, Penghuni WBP Terus Meningkat

349
×

Rutan Bima Over Kapasitas, Penghuni WBP Terus Meningkat

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Penghuni Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Bima semakin meningkat. Hingga kini, jumlahnya mencapai 233 orang. Jumlah ini sangat banyak dan melampaui kapasitas Rutan Bima.

Rutan Bima Over Kapasitas, Penghuni WBP Terus Meningkat - Kabar Harian Bima
Kepala Rutan Bima H Abdul Halik. Foto: Deno

“Kapasitas Rutan Bima 135 orang saja. Karena oper kapasitas, kamar yang seharusnya dihuni oleh 5 orang, kini dihuni oleh 7 orang hingga 10 orang,” ungkap Kepala Rutan Bima H Abdul Halik, Senin (21/1).

Rutan Bima Over Kapasitas, Penghuni WBP Terus Meningkat - Kabar Harian Bima

Kata Halik, dari kondisi tersebut pihaknya merasa kesulitan untuk memberikan pembinaan terhadap para WBP. Pasalnya, pembinaan para narapidana yang banyak, dibutuhkan lokasi yang cukup luas.

Over kapasitas inipun sambungnya, sudah disampaikan ke Kemenkumham untuk segera ditindaklanjuti. Selain itu, pihaknya sangat berharap bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bima dan Kota Bima, untuk membantu menyediakan loakai baru agar dibangun Rutan Bima ataupun Lembaga Pemasyarakatan.

“Kami berharap, status Rumah Tahanan Bima dirubah jadi Lembaga Pemasyarakatan Bima,” harapnya.

Halik mengutarakan, para WBP yang berada di Rutan Bima tidak semuanya tahanan Rutan. Ada juga tahanan titipan dari Polres Bima, titipan Kejaksaan dan Pengadilan.

*Kahaba-05