Siswa SMKN 3 Kota Bima Belajar di Taman Ria, Imajinasi Lebih Terbuka

Kota Bima. Kahaba.- Untuk menarik minat siswa dalam belajar, banyak cara yang perlu dilakukan agar dapat mencapai titik maksimal. Seperti yang dilakukan SMKN 3 Kota Bima, di hari Senin (21/1) guru mereka mengarahkan untuk belajar di luar kelas atau di Taman Ria.

Siswa – Siswi SMKN 3 Kota Bima ditemani guru belajar di Taman Ria. Foto: Hardi

Guru Mata Pelajaran Desain Komunikasi Siswa SMKN 3 kota Bima Sri Mulyati menuturkan, model pembelajaran yang seperti ini sangat mendukung terjadinya peningkatan kreatifitas dalam proses pengembangan mental dan cara berpikir (imajinasi) siswa, agar lebih terbuka.

“Apapun yang mereka lihat di alam dapat mereka cerna dengan baik, dan ini juga merupakan bentuk pembelajaran secara langsung yang banyak diminati siswa,” ujarnya.

Kata dia, setelah melakukan pengamatan siswa langsung dapat mengaplikasikan semua hasil pengamatan yang didapat di alam, melalui media yang telah disiapkan. Seperti media gambar (Sketsa).

Untuk pembelajaran desain, dirinya membebaskan siswa untuk memilih objek mana yang akan disukai, dan itu tergantung sudut pandang masing-masing siswa.

“Ini akan berbeda halnya ketika siswa lebih sering belajar di dalam ruangan. Imajinasi siswa akan terbatas,” tuturnya.

Sementara itu, Siswa Kelas XI SMKN 3 Kota Bima Irma andriani dan Dwi menyampaikan, model pembelajaran seperti ini sangat mereka senangi. Sebab berhubungan langsung dengan alam sekitar.

“Kami sangat senang sekali bisa belajar seperti ini, sangat sejuk dan membuat kita mudah untuk berpikir. Tidak seperti di dalam ruangan, bikin jenuh,” ungkapnya.

*Kahaba-07

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *