Kabar Bima

Dikes Imbau Waspada Demam Berdarah

191
×

Dikes Imbau Waspada Demam Berdarah

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima H Azhari mengimbau agar warga tetap waspada terhadap penyakit demam berdarah dan penyakit lain yang bersumber dari nyamuk.

Dikes Imbau Waspada Demam Berdarah - Kabar Harian Bima
Kepala Dikes Kota Bima H Azhari. Foto: Ist

“Imbauan ini menindaklanjuti imbauan Walikota Bima, untuk mengantisipasi meningkatnya penyakit demam berdarah dan penyakit berbasis lingkungan lain yang berpotensi terjadi pada musim hujan,” ujarnya, Rabu (23/1).

Dikes Imbau Waspada Demam Berdarah - Kabar Harian Bima

Kata Azhari, imbauan ini sudah disampaikan semua camat dan lurah. Kepadanya diminta untuk bersama-sama melakukan gotong royong setiap hari Jumat dan diumumkan di masjid dan musholla.

Karena hingga beberapa waktu ke depan curah hujan tetap mengguyur Kota Bima dan sekitarnya sambung Azhari, masyarakat juga diimbau untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk dengan cara menguras semua tempat penampungan air secara rutin, menutup rapat semua tempat penampungan air dan mengubur barang barang bekas.

Selain itu, menabur bubuk pembasmi jentik (Abate), memelihara ikan pemakan jentik jika ada dalam kolam. Kemudian memakai kelambu dan pemasangan kawat kasa dan ventilasi, serta menggunakan obat nyamuk.

“Dikes juga akan melakukan fogging jika sudah ditemukan warga yang telah terjangkit demam berdarah,” katanya.

*Kahaba-01