2019, Baznas Kota Bima Dapat Tambahan Dana Zakat Rp 500 Juta

Kota Bima, Kahaba.- Setelah berhasil menyalurkan bantuan zakat secara keseluruhan di tahun 2018, kini di tahun 2019 ini Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bima mendapat tambahan dana zakat sebesar Rp 500 juta.

Ketua Baznas Kota Bima, H. Abubakar Haris. Foto: Eric

Ketua Baznas Kota Bima H Abubakar Haris mengungkapkan, meningkatnya bantuan tersebut bersumber dari dana hibah bagi hasil zakat profesi SMA dan SMK dari Pemprov NTB.

“Penambahan dana ini tentu dapat membantu penerima manfaat yang telah ditetapkan pemerintah,” ujarnya, Kamis (24/1).

Kata Haris, dana zakat tahun 2018 lalu sebesar Rp 4,2 miliar. Sementara di tahun 2019 bertambah menjadi Rp 4,7 miliar. Dari 8 asnaf, pihaknya menambah penerima manfaat yang terbagi lagi menjadi 5 program.

“Selain 8 asnaf, beberapa program yang turut kami salurkan terdiri dari program bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan, dakwah dan bidang kemanusiaan,” katanya.

Untuk mempermudah penyalurannya, mulai bulan depan akan disosialisasikan di 5 kecamatan. Pada masing-masing kelurahan juga akan dilibatkan, agar mudah disampaikan kepada masyarakat.

Diakuinya, dana zakat setiap tahun diperoleh dari ASN. Mulai tahun ini juga Baznas melirik badan usaha lain yang berada di Kota Bima untuk mau menyalurkan dana zakat.

“Saat ini kami mulai merancang administrasinya, dan dalam waktu dekat akan bersurat kepada lembaga usaha dengan bekerjasama organisasi gapensi dan Kadin,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *