Dinas Perpustakaan dan Arsip Dapat Kucuran DAK 220 Juta

Kota Bima, Kahaba.- Untuk menambah jumlah referensi buku pemustaka (pembaca), Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Bima di tahun 2019 ini mendapat bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat sebesar Rp 220 juta.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bima H Mahfud. Foto: Eric

Kepala DPAD Kota Bima H Mahfud mengungkapkan, bantuan tersebut bagian dari upaya pemerintah daerah untuk memenuhi kebutuhan buku yang beberapa tahun sebelumnya banyak yang rusak dan hilang.

“Hasil komunikasi dengan pemerintah pusat, bantuan DAK ini selain mengganti jumlah buku yang hilang dan rusak akibat banjir bandang 3 tahun yang lalu. Juga sekaligus untuk menambah bahan bacaan,” ujarnya Kamis (24/1).

Mahfud menjelaskan, tahun 2016 lalu jumlah buku yang dimiliki DPAD sekitar 15 ribu. Akibat bencana banjir berkurang sekitar 6 ribu lebih. Sehingga saat ini hanya memiliki sekitar 9 ribu lebih.

Dengan adanya penambahan dari bantuan dana DAK ini, tentu akan mengatasi jumlah kekurangan sebelumnya. Pihaknya juga akan menambah referensi buku lain, untuk memberi variasi bacaan bagi pemustaka.

Mantan Kasat Pol PP tersebut menjelaskan, dari referensi dan petunjuk pengadaan buku yang diberikan pemerintah pusat. Pengadaan buku nanti seperti karya umum, sejarah umum, muatan lokal, teknologi tepat guna, pendidikan, teori hukum serta buku umum lainnya.

“Semoga dengan banyak buku yang dimiliki DPAD tersebut, dapat memfasilitasi semua kebutuhan pemustaka. Sehingga meningkatkan minat pembaca mengunjungi perpustakaan kami,” harapnya.

Selain bantuan DAK sambungnya, baru-baru ini pihaknya telah berkomunikasi dengan Walikota Bima untuk melobi pemerintah pusat agar mengucurkan dana pembangunan gedung perpustakaan yang representatif dan minibus untuk perpustakaan keliling.

“Alhamdulillah beliau sangat respon dan setuju. Saat ini tengah dibuatkan proposal dan desaign, agar bisa disampaikan ke pemerintah pusat,” tambahnya.

*Kahaba-04

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *