Kabar Bima

Hadiri Pelantikan Kades, Murni: Yang Diemban Ini Amanah, Bukan Kekuasaan

212
×

Hadiri Pelantikan Kades, Murni: Yang Diemban Ini Amanah, Bukan Kekuasaan

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Hadiri acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan 53 kepala desa (Kades) se-Kabupaten Bima, Senin (28/1) di halaman kantor Bupati Bima. Ketua DPRD Kabupate Bima Murni Sucianti mengimbau agar kepala desa memegang dan menjaga amanah yang diberikan masyarakat. (Baca. 53 Kades Terpilih di Kabupaten Bima Dilantik)

Hadiri Pelantikan Kades, Murni: Yang Diemban Ini Amanah, Bukan Kekuasaan - Kabar Harian Bima
Ketua DPRD Kabupaten Bima Murni Sucianti. Foto: Yadien

“Yang diemban sekarang adalah amanah. Bukan kekuasaan,” ujarnya.

Hadiri Pelantikan Kades, Murni: Yang Diemban Ini Amanah, Bukan Kekuasaan - Kabar Harian Bima

Kata dia, amanah yang diberikan tersebut sebagai bentuk kesempatan sekaligus kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat, agar setiap Kades bekerja dan menjadi abdi masyarakat yang ada di desa masing-masing. (Baca. Lantik 53 Kades, Ini Pesan Bupati Bima)

“Mulailah melayani. Sebab menjadi pejabat berarti menjadi pelayan untuk masyarakat,” katanya.

Yang tidak kalah penting kata Murni, semua kepala desa yang baru saja dilantik agar mempelajari dan benar-benar memahami tata cara dan juknis pengelolaan dana desa. Pasalnya, anggaran yang diglontorkan pemerintah kepada desa dengan jumlah yang banyak, harus dikelola dengan benar dan tepat sasaran. (Baca. 4 Kades di Donggo Mulai Emban Tugas, Camat Harap Mereka Patuh Pada Sumpah Jabatan)

“Jangan jadikan dana desa untuk memperkaya diri dan keluarga,” ingatnya.

Menurut duta PAN itu, sejauh ini sudah banyak desa yang bermasalah dan menuai protes dari masyarakat. Meskipun masalah tersebut belum banyak dilaporkan secara resmi, namun itu harus jadi pembelajaran kepala desa yang baru dilantik agar lebih berhati-hati mengelola dana desa.

“Pokoknya hati-hati. Kelola uang banyak bisa menjadi petaka, jika tidak menjalankannya dengan baik dan benar,” pesannya.

*Kahaba-10