Jaga Kebersihan Kota, Tiap Hari DLH Kerahkan 19 Armada Sampah

Kota Bima, Kahaba.- Menjaga Kota Bima selalu dalam keadaan bersih, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bima setiap hari mengerahkan 19 unit armada sampah. Seperti, 5 unit mobil Arm Roll dan 14 unit dam truk sampah, ditambah beberapa motor sampah di kelurahan di pinggir kota.

Korlap Kebersihan DLH Kota Bima Uba Al Amin (Kiri) bersama anggotanya saat berpose di depan armada sampah. Foto: Deno

Kepala DLH Kota Bima H Fakhrunrazi melalui Korlap Kebersihan Uba Al Amin mengatakan, mobil tersebut beroperasi setiap hari, mulai pukul 05.30 Wita sampai selesai. 1 mobil akan diikuti oleh 3 personil. Warga pun diminta menyimpan sampah di pinggir jalan menggunakan wadah, seperti plastik atau karung.

”Simpan sampah tempat waktu, antara pukul 06.00 hingga jam 07.00. Biar bisa diangkut dan mempermudah tugas petugas sampah,” katanya, Rabu (30/1).

Uba pun meminta warga disepanjang Jalan Soekarno Hatta dan jalan Gajah Mada untuk menyimpan sampah tepat waktu. Karena satu jalur, mobil tidak bisa kembali untuk mengangkut sampah. Karena jika tidak diangkut, mengakibatkan bau busuk dan mengganggu warga.

Untuk warga yang memasukan sampah dalam mobil  Arm Roll, dirinya meminta agar dipastikan sampah yang dibuang masuk dalam bak mobil. Karena sering terjadi pengguna motor yang bawa sampah, asal lempar dan mengakibatkan sampah banyak yang berceceran di jalan.

Uba juga menegaskan, semua yang berurusan dengan pengangkutan sampah, menjadi urusan DLH. Seperti pengangkutan sampah yang dikeluarkan oleh Dinas PUPR di selokan samping Kantor Walikota.

“Semua sampah yang diangkut langsung dibawa ke TPS yang berada di pegunungan Kelurahan Oi Fo’o,” ujar Uba. .

Untuk itu, ia sangat berharap kesadaran masyarakat, agar tidak membuang sembarangan sampah. Simpan sampah di pinggir jalan dengan plastik dan karung, agar bisa diangkut oleh petugas.

Dia menambahkan, untuk malam hari, 1 mobil dum truk selalu mengangkut sampah di area perkotaan dan sekitarnya. Malam hari akan diturunkan 9 orang personil untuk bertugas .

*Kahaba-05

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *