oleh

Sampah Salah Satu Penyebab DBD, Lurah Monggonao Imbau Masyarakat Jaga Kebersihan

-Kabar Bima-1 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Sampah menjadi masalah yang klasik di Kelurahan Monggonao. Sejauh ini, sampah belum bisa tertangani dengan baik, karena kurangnya kesadaran menjaga kebersihan lingkungan warga. Padahal, sampah juga menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit Demam Berdarah  Dengue atau DBD.

Lurah Monggonao Rama Fithri. Foto: Hardi

Lurah Monggonao Rama Fithri mengatakan, pihaknya telah bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Badan Kesejahteraan Masyarakat (BKM) Kasipara untuk mengatasi sampah dan perkembangan jangkit nyamuk DBD.

“Rencananya kami dalam waktu dekat akan gotong-royong bersama setiap RT dan RW minimal 2 kali dalam sebulan untuk membersihkan lingkungan agar meminimalisir penyebaran nyamuk DBD,” ungkapnya, Kamis (31/1).

Kata Rama, penyakit DBD juga sudah mulai masuk di wilayah Monggonao. Namun untuk mengantisipasi penyebaran, pihaknya akan terus mengajak masyarakat untuk sadar akan pentingnya tidak membuang sampah sembarangan.

“Kalau fogging merupakan langkah terakhir yang dilakukan,” katanya.

Soal sampah di Kelurahan Monggonao menurutnya, tidak mampu ditangani dengan keberadaan 1 unit motor sampah, apabila masyarakat masih buang sampah sembarangan.

Untuk itu dirinya berharap kepada masyarakat agar bersama – sama menjadi bagian dan pilar untuk bisa menjaga kebersihan lingkungan masing – masing. Karena pencegahan bisa maksimal dilakukan dimulai dari diri sendiri.

*Kahaba-07

Komentar

Kabar Terbaru