Bappeda dan Litbang Rakor Perencanaan Program 2020

Kota Bima, Kahaba.- Bappeda dan Litbang Kota Bima menggelar rapat koordinasi (Rakor) perencanaan bidang ekonomi dan infrastruktur untuk dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang. Kegiatan tersebut digelar kemarin, di ruangan kantor setempat.

Kabid Ekonomi dan Infrastruktur Bappeda dan Litbang Kota Bima Jefris. Foto: Bin

Kabid Ekonomi dan Infrastruktur Bappeda dan Litbang Kota Bima Jefris menjelaskan, kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh Kepala OPD lingkup koordinasi bidang ekonomi dan infrastruktur bersama Kasubbag Program.

Kata dia, ada 2 agenda pokok yang dibahas pada rakor tersebut. Pertama pengusulan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2020, menyangkut persiapan program yang akan diusulkan. Kemudian sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi, seperti full fisik dan RAB yang harus wajib ada.

“Kita juga meminta data-data pendukung. Kemudian persyaratan tambahan lain seperti Detail Engineering Desain (DED) dan bukti kepemilikan lahan berupa sertifikat, atau tempat infrastrutur tersebut akan dibangun,” paparnya.

Diakui Jefris, untuk pelaksanaan program tahun 2020, perencanaannya dimulai sekarang sampai bulan Mei. Setelah itu tidak akan ada lagi perencanaan. Akhir dari perencanaan tersebut akan disesuaikan dengan musrembang akhir April atau awal Mei.

Kemudian pembahasan yang lain sambungnya, proses perencanaan pada tahun 2020 diawali dengan penyusunan rencana kerja yang berisi program kegiatan teknis yang ada di OPD. Kemudian dilaksanakan pada tahun 2020. Bahan secara teknis itu akan dielaborasi.

“Rencana kerja ini juga akan ditetapkan pada bulan Mei, OPD wajib mengevaluasi setiap program yang dilaksanakan. Rencana kerja juga akan menjadi dasar untuk penganggaran,” jelasnya.

Jefris menambahkan, rakor tersebut berjalan dengan baik dengan sejumlah dinamika. Terhadap kegiatan itu, pihaknya berharap kepada OPD lingkup koordinasi bidang ekonomi dan infrastruktur agar merencanakan program yang diprioritaskan.

*Kahaba-01

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *