DBD Mulai Menyerang, Puskesmas Donggo Lakukan Pencegahan

Kabupaten Bima, Kahaba.- Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) akhir-akhir ini mulai menjangkit beberapa masyarakat di Kecamatan Donggo. kendati peredaraan nyamuk DBD belum terlalu meluas, pihak Puskesmas Donggo sudah melakukan upaya pencegahan.

Kepala Puskesmas Donggo Sri Hartati. Foto: Hardi

“Kami sudah turun dibeberapa desa seperti Desa O’o dan Doridungga, untuk survei warga yang terinfeksi gejala DBD,” kata Kepala Puskesmas Donggo Sri Hartati, Rabu (6/2).

Menurut Sri, dari hasil survei tersebut ditemukan warga yang terjangkit DPD seperti anak-anak. Mereka banyak yang menempuh pendidikan di Kota Bima. Sumber awal penyakit itu diduga dibawa dari Kota Bima.

“Anak-anak di Donggo ini banyak yang mondok di pesantren yang ada di Kota Bima,” tuturnya.

Sementara itu kata Sri, beberapa anggota Pemberantas Saran Nyamuk (PSN) sudah mulai dikerahkan untuk membasmi tempat-tempat perkembangan sarang nyamuk yang ada di sekitar tempat tinggal warga.

Kasubbag Tata Usaha (TU) Puskesmas Donggo Setiawan menambahkan, selain dari 2 desa yang disebutkan tersebut. Ada 2 desa lain yang menjadi tujuan utama dalam tahap penanganan DBD, yakni Desa Palama dan Tolonggeru.

“Karena 2 tahun lalu dua desa tersebut terkena kasus DBD,” ujarnya.

*Kahaba-07

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *