Kabar Bima

Lindungi Mata Air, DLH Dorong Bentuk Kelompok Permata

215
×

Lindungi Mata Air, DLH Dorong Bentuk Kelompok Permata

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Pekan depan Dinas Lingkungan Hidup bakal menggelar sosialisasi peningkatan kapasitas dan peran serta keterlibatan masyarakat dalam perlindungan dan konservasi sumber mata air.

Lindungi Mata Air, DLH Dorong Bentuk Kelompok Permata - Kabar Harian Bima
Kabid Tata Lingkungan DLH Kota Bima Khairil Abdi. Foto: Bin

Rencana kegiatan tersebut diikuti perwakilan dari seluruh kecamatan. Agar dibentuk kelompok masyarakat yang peduli terhadap keberadaan sumber mata air di Kota Bima.

Lindungi Mata Air, DLH Dorong Bentuk Kelompok Permata - Kabar Harian Bima

“Maksud dan tujuan sosialisasi agar melindungi mata air, kemudian mempertahankan kuantitas dan kualitas mata air,” ujar Kabid Tata Lingkungan DLH Kota Bima Khairil Abdi, Kamis (7/2).

Diakui Khairil, kondisi mata air saat ini sudah sangat minim. Makanya perlu dilakukan kegiatan ini secara terus menerus, untuk mendorong dibentukanya Kelompok Perlindungan Mata Air (Permata) untuk bisa menjamin persediaan air.

Setelah kelompok terbentuk, maka kegiatan perlindungan mata air harus terus intens dilakukan di wilayah tangkapan air, yang berada disebagian besar di Kecamatan Rasanae Timur dan beberapa titik di Kecamatan Asakota.

“Harus diakui jumlah mata air di Kota Bima secara umum berkurang, disebabkan oleh perambasan hutan dan pembukaan jalan baru,” ungkapnya.

Dari rencana kegiatan dimaksud sambungnya, diharapkan ada kelompok Permata dan peran serta masyarakat lain yang terus menjaga mata air. Mereka diharapkan bisa merasa memiliki terhadap mata air, bisa menjaga dan debit air terus bertambah.

*Kahaba-01