Kabar Bima

Tingkatkan Kemampuan, Operator SID se-Ambalawi Ikut Pelatihan

198
×

Tingkatkan Kemampuan, Operator SID se-Ambalawi Ikut Pelatihan

Sebarkan artikel ini

Bima, Kahaba.net- Operator Sistem Informasi Desa (SID) se-Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima kembali mengikuti pelatihan penguatan kapasitas dalam pengelolaan SID. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari di Aula Kantor Desa Nipa, yakni Kamis (7/2) hingga Jumat (8/2).

Tingkatkan Kemampuan, Operator SID se-Ambalawi Ikut Pelatihan - Kabar Harian Bima
Pelatihan Operator SID se-Ambalawi. Foto: Hardi

Ketua Panitia Kegiatan Arif Rahman menjelaskan, pelatihan dilaksanakan oleh gabungan Pemerintah Desa (Pemdes) Kecamatan Ambalawi dengan dukungan anggaran swadaya desa.

Tingkatkan Kemampuan, Operator SID se-Ambalawi Ikut Pelatihan - Kabar Harian Bima

Untuk memantapkan kemampuan pengelolaan SID kata dia, panitia menghadirkan Distric Coordinator KOMPAK Bima Asrullah sebagai fasilitator. Selain itu, peserta juga dibekali dengan materi teknis penulisan berita desa yang disampaikan Jurnalis Media Online Ady Supriadin.

“Ini merupakan pelatihan kedua kalinya diikuti Operator SID se-Kecamatan Ambalawi yang difokuskan untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan SID,” jelas Sekdes Tolowata ini.

Arif memaparkan, manfaat SID sangat penting mendukung fungsi dan tugas kantor desa. Termasuk administrasi kependudukan, perencanaan, pelaporan, pengelolaan aset, pengelolaan anggaran hingga urusan layanan publik.

Keberadaan SID juga lanjutnya, turut mendukung efektifitas pelayanan kantor desa. Karena SID menyimpan data penduduk beserta atribut-atributnya, kantor desa dapat dengan mudah memilah data penduduk secara akurat berdasarkan kriteria yang diinginkan, sehingga bisa mentargetkan suatu program pemerintah secara tepat sasaran.

Hal ini kata dia, berbeda dengan proses serupa tanpa SID, di mana sering dilakukan penentuan sasaran program secara kira-kira dan tidak berbasis data.  Pemerintah desa juga dapat mengelola informasi kegiatan desa dalam bentuk yang mudah disajikan kepada warga dan lebih mudah diakses warga.

“melihat manfaat SID yang cukup banyak ini, tentu harus didukung kemampuan operator yang memadai. Karena itulah pelatihan ini digelar,” ujarnya.

*Kahaba-07