Kabar Bima

Sosialisasi Pemilih Pemula di MAN 2, Bakesbangpol Ajak Pelajar Tidak Golput

210
×

Sosialisasi Pemilih Pemula di MAN 2, Bakesbangpol Ajak Pelajar Tidak Golput

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Bima terus menggelar sosialisasi pemilih pemula di lingkup lembaga pendidikan jajaran Kementerian Agama (Kemenag). Kali ini, Sabtu (9/2), sasaran kegiatan dilaksanakan di MAN 2 Kota Bima.

Sosialisasi Pemilih Pemula di MAN 2, Bakesbangpol Ajak Pelajar Tidak Golput - Kabar Harian Bima
Kepala Bakesbangpol saat menjelaskan tentang pentingnya partisipasi pemilih pemula pada pemilu. Foto: Eric

Hadir juga saat kegiatan yakni Ketua Bawaslu Kota Bima Muhaimin, Ketua KPU Kota Bima Bukhari,  perwakilan kepolisian serta ratusan siswa beserta pegawai setempat.

Sosialisasi Pemilih Pemula di MAN 2, Bakesbangpol Ajak Pelajar Tidak Golput - Kabar Harian Bima

Kepala Bakesbangpol Kota Bima Achmad Fathoni saat sambutan menyampaikan, beberapa bulan kedepan negara akan menyelenggarakan pemilu serentak. Artinya masyarakat yang memiliki hak memilih akan memberikan suara.

“Pemilu dilaksanakan tangal 17 April 2019. Masyarakat harus memberikan hak pilih untuk calon dari anggota DPRD, DPR Provinsi, DPR RI, DPD hinga Presiden dan Wakil Presiden,” ujarnya.

Keikutsertaan pemilih pemula pada pesta demokrasi juga menurut Fathoni, perlu ditingkatkan. Maka pemerintah daerah melalui Bakesbangpol, kali ini gencar menggelar sosialisasi pemilih pemula untuk mendorong lebih banyak lagi remaja untuk memberikan hak suara.

“Pada sosialisasi ini kami ingin mengajak pelajar yang sudah bisa memilih untuk paham dan mengerti, tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilu,” katanya.

Ia menuturkan, untuk membantu sosialisasi, para pelajar akan menerima materi yang disampaikan narasumber dari Bawaslu dan juga KPU, tentang mekanisme dan aturan selama proses pemilu. Harapannya ke depan, siswa yang hadir mampu menyerap dengan baik, dan bisa berbagi pada teman-teman lainnya yang tahun ini juga ikut menjadi pemilih pemula.

Mantan Kepala Inspektorat itu menambahkan, dari sosialisasi yang digelar tersebut juga diinginkan mampu menekan angka pelajar yang tidak memberikan hak pilih (Golput). Karena jika dilihat, jumlah pemilih pemula memiliki presentase yang cukup signifikan.

Diakhir kegiatan, siswa bersama jajaran KPU, Bawaslu dan Kepolisian terlihat berdialog tentang penyelenggaraan pemilu.

*Kahaba-04