Kabar Bima

Dicanangkan Sebagai Desa Layak Anak, Pemdes Leu Sosialisasi P3A

172
×

Dicanangkan Sebagai Desa Layak Anak, Pemdes Leu Sosialisasi P3A

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pemerintah Desa (Pemdes) Leu Kecamatan Bolo menggelar sosialisasi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A), di aula kantor desa setempat, kemarin.

Dicanangkan Sebagai Desa Layak Anak, Pemdes Leu Sosialisasi P3A - Kabar Harian Bima
Sosialisasi P3A di Pemdes Leu. Foto: Yadien

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Bima, Hj Ristiaty Dahlan, perwakilan Dinas P3AP2KB Kabupaten Bima, Camat Bolo, Kepala Puskesmas Bolo, Kepala Desa Leu serta sejumlah masyarakat desa setempat.

Dicanangkan Sebagai Desa Layak Anak, Pemdes Leu Sosialisasi P3A - Kabar Harian Bima

Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Bima Hj Rostiati Dahlan dalam sambutanya menyampaikan, Desa Leu merupakan salah satu desa contoh yang ada di Kabupaten Bima, karena sejumlah prestasi yang berhasil diraih oleh desa setempat selama ini.

“Kami sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh Desa Leu selama ini,” ujarnya.

Kegiatan tersebut kata Rostiati, sangat penting dan membutuhkan perhatian dan komitmen bersama. Sehingga ikhtiar untuk terwujud desa layak anak bisa tercapai. Pihaknya juga sudah menandatangani komitmen bersama lintas sektor di Bolo dan Kades.

Kabid Pemberdayaan Perempuan DP3AP2KB Laily Ramdani menyampaikan, kekerasan terhadap perempuan akhir-akhir ini cukup banyak. Karena itu, pihaknya perlu melakukan sosialisasi agar perempuan mengetahui langkah-langkah pendampingan hukum apabila terjadi kekerasan dan segera mendapatkan perlindungan.

“Sosialisasi ini sebagai upaya penyadaran kepada masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam upaya perlindungan dan pemenuhan hak hak korban kekerasan terhadap perempuan,” ujarnya.

Ia membeberkan, bagi korban kekerasan bisa melaporkan masalahnya dengan menggunakan Aplikasi SIMAWAR. Caranya, Download terlebih dahulu aplikasi SIMAWAR yang tersedia di Playstore Android. Dengan demikian, akan mempermudah laporan tersebut sampai pada pemerintah.

Sementara itu, Kades Leu Muhammad Taufik menyampaikan kepada Dinas P3AP2KB yang telah hadir dalam sosialisasi P3A tersebut.

“Kegiatan ini sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat,” tambahnya.

*Kahaba-10