Pengurus Undur Diri, BPD Rasabou Desak Pemdes Panggil BUMDes

Kabupaten Bima, Kahaba.- BPD Rasabou Kecamatan Bolo mendesak Pemerintah Desa (Pemdes) setempat memanggil pengurus BUMDes, untuk memberikan klarifikasi tentang pengunduran diri Sekretaris dan Bendahara BUMDes.

Ketua dan Wakil Ketua BPD Rasabou. Foto: Yadien

“Sekretaris dan Bendahara BUMDes sudah undur diri. Jadi harus ada klarifikasi apa yang menyebabkan kedua pengurus itu mengundurkan diri,” ujar Ketua BPD Rasabou, Syarifudin di kantor desa setempat, Selasa (19/2).

Kata Syarifudin, berdasarkan rumor yang beredar, Ketua BUMDes juga akan mengundurkan diri menyusul ada pekerjaan yang harus difokuskan yakni dilantik sebagai anggota Panwaslu. Untuk itu, harus ada penjelasan tentang aksi pengunduran diri itu.

Sebagai BPD, sebelum ini pihaknya tidak mengetahui pasti tentang pengunduran diri pengurus BUMDes. Namun informasi itu berkembang hingga sampai pada telinganya.

“Dulu kita pernah sampaikan ke Kades yang lama agar memanggil pengurus BUMDes pasca undur diri. Namun tidak direspon,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua BPD Rasabou Sutomo Yusuf menegaskan, pengurus BUMDes harus dimintai keterangan dengan adanya aksi undur diri tersebut. Karena mereka juga perlu menyampaikan segala laporan terkait dana yang dikelola.

“Ada dugaan bahwa dana BUMDes dikelola dengan tidak jelas,” ujarnya.

Yusuf berharap pengurus BUMDes kooperatif menghadiri undangan Pemdes. Sehingga desas desus yang berkembang bisa diselesaikan secara terbuka, tanpa harus ada yang ditutupi.

Sekretaris Desa (Sekdes) Rasabou Hairil Ansyar membenarkan bahwa Sekretaris dan Bendahara BUMDes sudah undur diri beberapa bulan lalu, dengan menyampaikan surat pengunduran diri yang jelas.

“Kedua pengurus BUMDes tersebut undur diri karena ada tugas lain,” ujarnya.

Ansyar juga membenarkan bahwa ada rumor yang berkembang jika Ketua BUMDes akan undur diri. Sesuai informasi, rencana pengunduran diri Ketua BUMDes yakni karena ada tugas lain.

“Menindaklanjuti permintaan BPD, kami sudah membuat surat pemanggilan dalam bentuk undangan kepada pengurus BUMDes,” tuturnya.

*Kahaba-10

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *