oleh

Apresiasi Kreatifitas KT Wadu Nocu, Pemdes Rora Akan Beri Tambah Modal

-Kabar Bima-2 kali dibaca

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pemerintah Desa Rora Kecamatan Donggo sangat mengapresiasi kreatifitas Karang Taruna (KT) Wadu Nocu, karena dianggap mampu meningkatkan produktivitas ekonomi pemuda dan mengurangi pengangguran. Karena itu, pemerintah desa setempat akan memberikan bantuan tambahan modal tahun 2019. (Baca. Karang Taruna Wadu Nocu Desa Rora Kreatif dan Produktif)

Kepala Desa Rora Iskandar. Foto: Yadien

“Insya Allah akan tetap kami bantu. Karena menurut kami yang dilakukan Karang Taruna Wadu Nocu bisa mengurangi pengangguran,” ujar Kepala Desa Rora Iskandar, Sabtu (23/2).

Kata dia, sejak tahun 2017 pemerintah desa setempat rutin memberikan dana kepada Karang Taruna Wadu Nocu. Bantuan tersebut selalu dimanfaatkan untuk membangun usaha. Tahun 2017, karang taruna itu membangun usaha peternakan bebek dan usaha pangkas rambut.

“Usaha-usaha itu terbilang sukses. Usaha pangkas rambut masih berjalan sampai sekarang,” katanya.

Sementara tahun 2018 kata Kades, pihaknya juga memberikan bantuan sebanyak Rp 20 juta. Anggaran itu juga digunakan oleh Karang Taruna Wadu Nocu untuk membangun usaha peternakan ayam potong dan perbengkelan.

“Jadi sampai sekarang sudah 4 usaha yang  dibangun oleh karang taruna,” tuturnya.

Ia membeberkan, jika usaha-usaha yang dibangun oleh karang taruna itu sukses, maka tahun 2019 ini pihaknya akan kembali memberikan bantuna modal, bahkan jumlahnya akan lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.

Selain itu kata Kades, tahun 2019 pemerintah desa setempat akan mendaptkan bantuan bibit cabai  yang akan ditanam di lahan seluas 50 are. Rencananya, perekebunan cabai tersebut juga akan diberikan kepada pemuda desa setempat, dikoordinir karang taruna.

Dirinya berharap, semoga karang taruna di desa setempat tidak dulu merasa puas dan berhenti melakukan banyak inovasi. Karena karang taruna dirasa sangat penting untuk membantu pemerintah desa membangun sumber daya manusia dan kepemudaan yang ada di desa.

“Lakukan lagi banyak inovasi dan gerakan yang bermanfaat untuk pemuda dan masyarakat,” harapnya.

*Kahaba-10

Komentar

Kabar Terbaru