Dikbud Gelar OSN Bidang IPA dan Matematika Tingkat Kecamatan

Kota Bima, Kahaba.- Meningkatkan kompetensi siswa di bidang mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bima menggelar lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) kategori Sekolah Dasar (SD) tingkat kecamatan se-Kota Bima.

Plt Kepala Dinas Dikbud Abdul Azis saat memantau pelaksanaan Lomba OSN. Foto: Eric

Kegiatan tersebut dipusatkan di SDN 29 Kota Bima Senin (4/3), diikuti 436 peserta dari 76 sekolah.

Plt Kepala Dinas Dikbud Kota Bima Abdul Azis dalam sambutan menyampaikan, OSN merupakan agenda rutin. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan belajar, agar lebih terlatih dan mampu memecahkan setiap soal yang dihadapi.

“Melalui lomba OSN ini, kita dapat mengetahui sejauh mana tolak ukur keberhasilan sekolah dan pengajar dalam memberikan bimbingan belajar pada siswa. Sekaligus mengetahui tingkat kemampuan anak dalam menyerap materi yang disampaikan guru,” paparnya.

Azis menuturkan, menyukseskan jalannya lomba, Dikbud bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan (LP) Universitas Mataram (Unram), untuk  membuat soal. Berdasarkan hasil hasil koordinasi, jumlah soal yang disiapkan bagi peserta adalah 40 soal untuk mata pelajaran IPA dan Matematika 25 soal.

Jumlah soal disesuaikan dengan kemampuan belajar siswa, dan menggunakan sistim pilihan berganda. Kepada seluruh siswa yang mengikuti lomba, agar bersaing secara sehat, profesional dan hindari kecurangan.

Bagi peserta yang mampu mengerjakan soal dengan baik kata Azis, pihaknya akan mengambil peserta yang memiliki nilai tertinggi dari urutan 1 sampai dengan 25. Secara otomatis akan mengikuti lomba OSN tingkat Kota Bima yang akan diadakan pada minggu ke-2 bulan Maret ini.

“Bagi peserta yang menduduki posisi 10 peringkat terbaik, panitia akan memberikan hadiah piala dan piagam. Sebagai bentuk apresiasi dan motivasi pemerintah kepada siswa, untuk terus meningkatkan kemampuan belajar,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *