Kabar Bima

Petani Diminta Segera Lapor Jika Tanaman Diserang Hama

275
×

Petani Diminta Segera Lapor Jika Tanaman Diserang Hama

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima,  Kahaba.- Untuk menghindari terjadinya gagal panen, petani diminta agar segera melaporkan kepada Dinas Pertanian dan PPL jika melihat tanaman pertanian seperti padi ada gejala terserang hama.

Petani Diminta Segera Lapor Jika Tanaman Diserang Hama - Kabar Harian Bima
Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima Indra Jaya. Foto: Yadien

“Tolong dilaporkan langsung agar segera dicarikan solusi,” saran Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima Indra Jaya, usai memberikan pembinaan PPL Kecamatan Bolo dan Madapangga, di aula kantor BPP Madapangga,  Senin (4/3).

Petani Diminta Segera Lapor Jika Tanaman Diserang Hama - Kabar Harian Bima

Kata dia, hal itu sangat perlu dilakukan untuk menghindai terjadinya gagal panen yang mengakibatkan petani rugi. Karena secara teknis, setiap kecamatan ada PPL selaku petugas lapangan yang setiap saat memantau kondisi tanaman pertanian. Namun akan lebih baik petani langsung melaporkan tanpa menunggu PPL menemukannya langsung.

“Lebih cepat lebih baik, silahkan datangi PPL dan beritahu masalah tanamannya,” tutur Indra.

Jika dilaporkan lebih awal dan cepat, dinas terkait juga akan lebih cepat mengatasi dan mencarikan obat yang cocok dengan jenis hama yang menyerang tanaman.

Ditanya soal pembinaan PPL yang dilakukannya, Indra mengaku tidak saja membahas mengenai tanaman pertanian. Namun juga membahas mengenai administrasi dan sebagainya. Karena dikuatirkan ada temuan dari pihak yang mengaudit.

“Semua harus dikerjakan dengan baik. Agar tidak ada temuan oleh pemeriksa,” tutupnya.

*Kahaba-10