oleh

Canangkan Pembangunan Zona Integritas, Seluruh FKPD Diajak Tolak KKN

-Kabar Bima-7 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Jajaran Pengadilan Negeri (PN) Raba Bima Kelas I B menggelar kegiatan pencanangan Pembangunan Zona Integritas bersama sejumlah pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), di aula kantor setempat, Selasa (5/3).

Ketua PN Raba Bima Kelas I B Akbar Isnanto saat menandatangani pencanangan Pembangunan Zona Integritas. Foto: Eric

Ketua PN Raba Bima Kelas I B Akbar Isnanto dalam sambutan menyampaikan, keberhasilan pembangunan zona integritas sangat ditentukan oleh kapasitas dan kualitas integritas setiap individu.

Menurut dia, zona integritas merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah. Pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) kemudian Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi.

“Sehingga nanti upaya pencegahan korupsi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik dapat terwujud,” katanya.

Dijelaskan Akbar, untuk meningkatkan sistem pelayanan kepada pencari keadilan. Maka pihaknya telah melakukan berbagai langkah reformasi birokrasi dengan capaian kinerja dan prestasi. Diantaranya Mahkamah Agung (MA) berhasil mempertahankan opini WTP oleh BPK atas audit laporan keuangan di tahun 2017. Predikat itu diraih selama 6 tahun berturut-turut.

Lalu berdasarkan hasil evaluasi LAKIP yang dilaksanakan oleh Kemenpan RB, PN Raba Bima meraih predikat nilai B. Kemudian menerapkan aplikasi Electronic Court (E-Court), melaksanakan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), menggunakan apilkasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), kemudian adanya Aplikasi Sistem Informasi Pengawasan (ASIP) langsung oleh badan pengawasan MA hingga memiliki sarana informasi publik melalui program www.pn-bima.go.id.

“Seluruh layanan tersebut, semata-mata untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi yang berkaitan dengan seluruh sistem pelayanan di PN Raba Bima,” bebernya.

Ditambahkan Akbar, dengan pencanangan zona integritas tersebut. Jajaran PN Raba Bima mengajak semua pihak untuk bersama membangun integritas individu dan organisasi, pada setiap lingkungan kerja.

“Mari kita jalin komitmen bersama, agar setiap lingkup instansi kita bersih dan terbebas dari tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme,” ajaknya.

Usa memberikan sambutan, pencanangan ditandai dengan penandatanganan piagam zona integritas oleh Ketua PN Raba Bima Kelas I B Akbar Isnanto, Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan, Bupati Bima Hj Indah Damayanti Puteri, Wakil Ketua DPRD Kota Bima Alfian Indra Wirawan, serta Kepala Kejaksaan Negeri Bima, Kapolres Bima Kota, Kapolres Bima, Dandim 1608/Bima, Ketua MUI Kota Bima, serta perwakilan tokoh masyarakat.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru