Kabar Bima

HUT ke-45, PPNI Kabupaten Bima Gelar Seminar Urologi

247
×

HUT ke-45, PPNI Kabupaten Bima Gelar Seminar Urologi

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Menyambut HUT Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) ke-45 yang bertepatan pada tanggal 17 Maret 2019 mendatang, PPNI Kabupaten Bima menggelar seminar sistem perkemihan (urologi), Sabtu (9/3) di aula STKIP Taman Siswa Bima.

HUT ke-45, PPNI Kabupaten Bima Gelar Seminar Urologi - Kabar Harian Bima
Seminar Urologi digelar PPNI Kabupaten Bima. Foto: Yadien

Kegiatan tersebut diikuti oleh 500 peserta, terdiri dari perawat, bidan dan profesi lain yang ada di Kabupaten dan Kota Bima.

HUT ke-45, PPNI Kabupaten Bima Gelar Seminar Urologi - Kabar Harian Bima

Ketua PPNI Kabupaten Bima Fitri Kurniati mengatakan, angka terjadinya gangguan sistem perkemihan (Urologi) seperti batu, tumor dan infeksi di NTB termasuk Bima dari waktu ke waktu semakin meningkat.

“Ganguan sistem perkemihan apabila terlambat didiagnosis dan ditangani maka akan berakibat fatal,” ujarnya.

Kata dia, perawat sebagai profesi yang selalu berada di garda depan pelayanan, dan yang pertama kali diakses oleh masyarakat untuk memberikan pertolongan kesehatan, harus mendapatkan pengetahuan dan pemahaman tentang hal tersebut.

“Perawat harus ditingkatkan kompetensinya sehingga bisa memberikan asuhan keperawatan secara profesional di bidang urologi,” katanya.

Fitri membeberkan, sejumlah materi yang disampaikan dalam seminar tersebut yakni pengenalan urologi dan jenis-jenis operasi urologi, asuhan keperawatan pada kegawat daruratan sistem perkemihan, serta tips atau trik pemasangan kateter dan perawatan luka operasi urologi.

“Narasumber yang kami hadirkan di antaranya yaitu spesialis urologi Akhada Maulana,” sebutnya.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut terselenggara atas kerja sama PPNI Kabupaten Bima bersama RS Biomedika Mataram.

*Kahaba-10