oleh

Kerjasama Dengan LPMP NTB, Dinas Dikbud Diklat Cakep

Kota Bima, Kahaba.- Setelah 34 peserta dinyatakan lulus tes Calon Kepala (Cakep) pekan kemarin, Dinas Dikbud Kota Bima bekerjasama dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) NTB menggelar pendidikan dan latihan (Diklat). Kegiatan tersebut dimulai Selasa – Senin (12-18/3), di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kecamatan Mpunda.

Kerjasama Dengan LPMP NTB, Dinas Dikbud Diklat Cakep - Kabar Harian Bima
Diklat Cakep yang digelar Dinas Dikbud Kota Bima bersama LPMP NTB. Foto: Eric

“Diklat ini untuk menghasilkan calon-calon kepala sekolah yang berkualitas, serta mampu memajukan dunia pendidikan di Kota Bima,” ujar Sekretaris Dinas Dikbud HM Yamin.



Yamin menjelaskan, berdasarkan prosedur pelaksanaan pelatihan dilakukan selama 300 jam. Artinya para cakep tersebut mengikuti rangkaian kegiatan selama 3 bulan ke depan.

Baca:   Dikbud Sosialisasi Program Pendidikan Bersama K3S Asakota

“300 jam tersebut terdiri dari diklat, magang di sekolah asal, kemudian dilanjutkan dengan magang di sekolah lain dan terakhir presentasi seluruh rangkaian kegiatan yang telah diikuti,” paparnya.

Ia pun meyakini melalui itu, ke depan para cakep yang telah diberikan ilmu dan kecakapan dapat mengelola dana sekolah dengan baik dan akuntabel. Serta mampu menjadi pemimpin yang baik serta bijak dalam membimbing guru, pegawai dan siswa di sekolah.

Baca:   Absen Mengajar Sejak Februari, Guru Agama SDN 60 Dilapor ke Dinas Dikbud

Ditambahkan Yamin, bagi cakep yang telah melalui tahapan seluruhnya nanti. Maka akan disiapkan untuk mengganti kepala sekolah yang telah masuk masa purna tugas. Kemudian yang masih dijabat Pelaksana Tugas (Plt) maupun yang akan dimutasi ke sekolah lain.

“Terkait siapa saja yang akan dipilih nanti, itu hak prerogatif kepala daerah,” tambahnya.

Baca:   Diduga Langgar Permendikbud 2018, Dinas Dikbud Bakal Panggil Kepala SMPN 2 

*Kahaba-04


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.