Kabar Bima

KPU Kota Bima Simulasi Internal Pungut Hitung

217
×

KPU Kota Bima Simulasi Internal Pungut Hitung

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Setelah diberikan bimbingan teknis (Bimtek) internal tentang tata cara pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi perolehan suara, Komisi Pemilihan Umum Kota Bima melakukan simulasi internal, di halaman kantor setempat, Rabu (13/3).

KPU Kota Bima Simulasi Internal Pungut Hitung - Kabar Harian Bima
Simulasi pungut hitung jajaran KPU Kota Bima. Foto: Ist

Kegiatan simulasi internal tersebut diikuti Komisioner KPU Kota Bima, pejabat struktural dan staf sekretariat KPU Kota Bima.

KPU Kota Bima Simulasi Internal Pungut Hitung - Kabar Harian Bima

Ketua Divisi Teknis KPU Kota Bima Tamrin menjelaskan, simulasi tersebut bertujuan untuk penguatan kapasitas internal. Terutama yang berkaitan dengan proses pemungutan dan penghitungan suara.

Karena sebagai penanggungjawab penyelenggara Pemilu di Kota Bima, KPU secara internal harus kuat dan paham tentang hal-hal itu. Sehingga bisa memberikan pemahaman yang sama terhadap penyelenggara adhok ke bawah.

“Untuk simulasi internal dilaksanakan sekali saja. Simulasi berikutnya akan dilaksanakan bersama PPK dan PPS. Kemudian simulai dengan KPPS,” jelasnya.

Pada simulasi tersebut, Tamrin mengaku, komisioner maupun staf sekretariat memiliki peran masing-masing. Ada yang bertugas sebagai Ketua KPPS, kemudian KPPS 2, 3, 4, 5, 6 dan KPPS 7. Kemudian, ada yang bertugas sebagai petugas keamanan, pengawas, saksi peserta Pemilu dan juga pemilih.

Masing-masing KPPS diberikan tugas dan tanggung jawab, mulai dari tahap pemungutan, penghitungan, hingga rekapitulasi perolehan suara.

“Alhamdulillah, jika dilihat dari simulasi yang kami laksanakan, semua memahami tugas yang diberikan. Insyaallah dalam waktu dekat, kami akan berikan Bimtek dan simulasi bersama PPK dan PPS,” pungkasnya.

*Kahaba-01