Dinas Perkim Siapkan Data Penerima Manfaat Program Tahun 2019

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Bima saat ini menyiapkan data calon penerima manfaat sejumlah program, yang akan diterima masyarakat pada tahun 2019.

Kepala Dinas Perkim Kota Bima Hamdan. Foto: Bin

Sejumlah program dimaksud seperti yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dan Dana Alokasi Umum (DAU).

“Pelaksanaan program kita kan ada tahapan – tahapannya. Ketika program itu ada anggarannya, apa yang dilakukan oleh daerah yakni yang pertama persiapan data calon penerima manfaat,” ujar Kepala Dinas Perkim Kota Bima Hamdan, Selasa (19/3).

Saat ini kata dia, Dinas Perkim dengan tim melakukan verifikasi lapangan terhadap masyarakat calon penerima manfaat. Itu dapat berdasarkan indikasi-indikasi wilayah yang akan mendapatkan bantuan tersebut.

“Kami data mana masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) nya, siapa yang berhak, dan siapa tidak memenuhi syarat. Ini harus didata dengan teliti. Agar sejumlah program bisa tepat sasaran ” katanya.

Dari sejumlah program dan kegiatan yang ada tersebut sambung Hamdan, sudah 2 yang sudah dilakukan pendataan. Pendataan dilakukan sebelum pelaksanaan tahun anggaran berikutnya.

“Program dan kegiatan yang dikerjakan saat ini seperti BSPS merupakan program lanjutan tahun sebelumnya. Tidak ada program baru, hanya perubahan kebijakan saja,” terangnya.

BSPS sendiri untuk kegiatan tahun 2019 jelasnya, sudah dilakukan pendataan oleh pemerintah provinsi. Dari sekian alokasi itu, hampir 50 persen sudah dilakukan pendataan. Sisanya menjadi tanggungjawab daerah untuk melanjutkan dan menyelesaikan pendataan.

Ditanya seperti program BSPS bisa dinikmati penerima manfaat? Hamdam memastikan bantuan diterima tahun 2019. Masyarakat yang mendapatkan sudah didata berdasarkan data by name by address.

“Semoga saja tidak kendala berarti, agar sejumlah program ini bisa dinikmati oleh masyarakat,” harapnya.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *