Antisipasi Rabies, UPT Peternakan Bolo Buru Anjing Untuk Divaksinasi

Kabupaten Bima, Kahaba.- UPT Peternakan Kecamatan Bolo Kabupaten Bima melakukan vaksinasi anjing yang ada di wilayah setempat. Kegiatan tersebut dilakukan menyusul adanya penetapan pulau Sumbawa sebagai daerah berstatus wabah rabies.

Petugas UPT Peternakan Bolo saat vaksinasi anjing. Foto: Yadien

“Sekarang kami sedang memburu anjing untuk divaksin di 4 desa,” ujar Kepala UPT Peternakan Kecamatan Bolo Amran, Kamis (21/3)

Kata dia, sejauh ini pihaknya telah melakukan vaksinasi terhadap anjing yang ada di Desa Kara, Tumpu, Rada dan Desa Nggembe, dengan jumlah anjing yang sudah divaksin sebanyak 60 ekor.

“Dari target 200 ekor anjing, yang sudah kami vaksin baru 60 ekor anjing,” katanya.

Kegiatan tersebut dilakukan mulai hari Selasa (19/3) dan akan terus dilakukan sampai target 200 ekor anjing yang ada di semua desa sudah divaksin.

“Kami akan turun ke desa-desa setiap hari,” tuturnya.

Selama vaksinasi anjing, kendala di lapangan yang ditemukan yaitu kebanyakan anjing telah dibawa petani ke kebun dan gunung. Sehingga hanya sedikit anjing yang bisa ditemukan dan divaksin.

“Jadi sulit juga, karena sekarang lagi musim berkebun dan gunung,” beber dia.

Kendati demikian, jika ada laporan masyarkat yang melihat anjing yang belum divaksin pada desa yang ada di Kecamatan Bolo, pihaknya akan langsung turun dan melakukan vaksinasi.

Ia berharap, pemerintah desa turut berperan dan kooperatif dalam proses vaksinasi anjing tersebut dengan cara menyampaikan pengumuman kepada warga sehari sebelum kami turun di desa setempat. Sehingga masyarakat tidak membawa anjingnya ke ladang atau gunung.

“Karena jadwal kami sudah sampaikan ke semua desa yang ada,” bebernya.

*Kahaba-10

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *