Kabar Bima

Dikbudpora Bima Sosialisasi dan Pendaftaran Diklat Dasar PAUD e-Training

206
×

Dikbudpora Bima Sosialisasi dan Pendaftaran Diklat Dasar PAUD e-Training

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Kerjasama dengan BP PAUD dan Dikmas Provinsi NTB, Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima menggelar sosialisasi dan pendaftaran diklat dasar PAUD e-training tingkat Kabupaten Bima, Kamis (21/3).

Dikbudpora Bima Sosialisasi dan Pendaftaran Diklat Dasar PAUD e-Training - Kabar Harian Bima
Sosialisasi dan Pendaftaran Diklat Dasar PAUD e-Training yang digelar Dikbudpora Bima. Foto: Yadien

Kabid PAUD Dikbudpora Kabupaten Bima Chairunnas mengatakan, kegiatan tersebut digelar dalam rangka meningkatkan kompetensi guru, seperti kompetensi kepribadian, social, pedagogic, dan kompetensi professional untuk menuju lembaga pendidikan anak usia dini yang terakreditasi.

Dikbudpora Bima Sosialisasi dan Pendaftaran Diklat Dasar PAUD e-Training - Kabar Harian Bima

“Syarat-syarat akreditasi itu harus memenuhi 8 standar pendidikan nasional,” sebutnya.

8 standar pendidikan nasional tersebut kata Chairunnas, antara lain standar isi kurikulum, kelulusan siswa, pembiayaan, pengelolaan, guru dan tenaga pendidikan, sarana dan prasarana serta peningkatan mutu guru.

Ia membeberkan, sejauh ini di Kabupaten Bima baru 7 PKBM yang telah terakreditasi, sementara 99 sudah MPSN dan 34 sudah terdapodik. Kemudian untuk PAUD dari jumlah 550 PAUD yang mendapat BOP baru lebih dari 100 yang sudah bertatus akreditasi.

“Jadi perlu ditingkatkan. Nah, untuk meningkatkan itu perlu kompetensi,” bebernya.

Dia berharap kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan tenaga pendidik yang menjadi peserta kegiatan menyimak dengan baik ilmu yang disampaikan oleh para tutor sehingga bisa diterapkan pada lembaganya masing-masing.

“Kegiatan ini penting, karena itu tidak boleh hanya sekedar datang. Tapi harus menyerap ilmu yang disampaikan oleh tutor,” tukasnya.

*Kahaba-10