Kabar Bima

2019, RSUD Kota Bima Akan Dapat Bantuan Alkes dari Kemenkes

369
×

2019, RSUD Kota Bima Akan Dapat Bantuan Alkes dari Kemenkes

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima H Azhari mengakui, di tahun kedua ini RSUD Kota Bima untuk pertama kalinya akan mendapatkan bantuan sejumlah Alat Kesehatan (Alkes) DAK dari pemerintah pusat.

2019, RSUD Kota Bima Akan Dapat Bantuan Alkes dari Kemenkes - Kabar Harian Bima
Kepala Dikes Kota Bima H Azhari. Foto: Ist

Tentu saja menurutnya, perhatian dari pemerintah pusat ini tidak lepas dari kemajuan yang dicapai RSUD Kota Bima di usia satu tahun, sejak regestrasi di Depkes.

2019, RSUD Kota Bima Akan Dapat Bantuan Alkes dari Kemenkes - Kabar Harian Bima

“Alhamdulillah, di usia kedua tahun ini, RSUD Kota Bima mulai mendapat perhatian dari Kementerian Kesehatan,” ujar Azhari, Kamis (21/3).

Ia menyebutkan, sejumlah Alkes yang akan dibantu yakni, SHARP SHIN-EI Anesthesia Apparatus Type Soft Lander SL-210 with Vaporizer Isoflurane plus Sevoflurane, SHARP SHIN-EI Anesthetic Ventilator Bedah/Penyakit Dalam,  UZUMCU Surgical Suction Unit/Uzumcu PA-2, ACEM Examination Lamp-Acem 1 F EVO, UZUMCU Electrosurgical Unit/Uzumcu EK-160, AS MEDIZINTECHNIK Appendictomy Instrument Set.

Kemudian, AS MEDIZINTECHNIK Sectio Secarian Set, AS MEDIZINTECHNIK Mini Laparotomy Set, AS MEDIZINTECHNIK Herniotomy Set, HEYER Patient Monitor Scalis 12, ROBUST Mayo Stand, ROBUST Instrument Troley, ROBUST Bowl Stand Double 1112, ROBUST Electric Operating Table BH300-2 SPESIALIS ANAK/KANDUNGAN dan PANDA Led Standing Examination Lamp OL-009.

Selain itu, ada juga alat ROBUST Children Bed Stainless Steel 9006, BOXUN Steam Sterilizer YXQ-LS50-SII, MEDICON Oxygen Concentrator KS 8T, COZY Infant Incubator B-3000, COZY Infant Radiant Warmer BNT-2000, SAFETY Baby Scale (Patient Scale) SH-8015 UGD/ICU, SOUL Fetal Doppler BF-600, MEND Syringe Pump HK-400I, SOLID IUD Instrument Set, SOLID Maternal Health Exeminnation Instrument Set, SOLID Midwife Instrument Kit, SOLID Inpatient Instrument Kit Set, SOLID Tang Pencabutan Gigi Dewasa Set.

Lalu, SOLID Tang Pencabutan Gigi Anak Set, SOLID Instrument Tray Medium, SOLID Dressing Drum Small, SOLID Atraumatic Restorative Treatment (ART) SOLID Instrument Tray Small, SOLID Dressing Drum Medium, LUSTY Suction Pump 7EA, SOLID Hecting Set, SOLID Minor Surgery Instrument Set, SOLID Diagnostic Set, SOLID Emergency Set, SOLID Mayor Surgery Instrument Set, ROBUST Infusion Stand, ROBUST Stainless Steel Wheel Chair, ROBUST Mayo Stand, ROBUST Instrument Troley, ROBUST Examination Table, ROBUST Mobile Stretcher-4302 dan ROBUST CR Gynaecology Table.

Ia mengungkapkan, kendati mulai ada perhatian dari pemerintah pusat. Namun bantuan tersebut belum dapat mencukupi kebutuhan maksimal RSUD. Masih ada beberapa Alkes rumah sakit yang perlu ditambah dan dibenahi. Kekurangan itu seperti untuk Radiologi, ICU, NICu, Laboratorium, Farmasi, Kamar Jenazah, Laundry, Fisioterapi, Obgyn, PICU, ICCU, IPRS, Rawat jalan, Rawat Inap, dan Instalasi Farmasi.

“Tahun 2019 kebutuhan Alkes untuk ruangan tidak terakomodir semuanya, karena pada saat proses pengusulan DAK 2019 saat itu status RSUD belum teregistrasi oleh Kemenkes, sehingga belum bisa mengusulkan dana DAK,” ungkapnya.

Azhari menuturkan, RSUD Kota Bima tidak bisa disamakan dengan RSUD Kabupaten Bima yang saat ini berstatus BLUD. Meski demikian, pihaknya akan upayakan dalam 5 tahun ke depan RSUD Kota Bima sudah strata RS Tipe C.

Maka diharapkan pada tahun 2020 nanti, melalui proses pengusulan DAK, semua kebutuhan alat kesehatan di RSUD Kota Bima dapat terpenuhi maksimal. Agar pelayanan di RSUD juga berjalan lancar dan maksimal.

*Kahaba-01