Cegah Wabah Rabies, UPP Donggo Vaksinasi

Kabupaten Bima, Kahaba.- Seiring mewabahnya rabies pada beberapa wilayah Kecamatan Dompu, Pemerintah Kabupaten Bima yang khawatir merembet masuk ke Kabupaten Bima, mulai melakukan vaksinasi.

UPP Donggo saat vaksinasi anjing. Foto: Ist

Dinas Kesehatan (Dikes) Hewan Kabupaten Bima melalui Unit Penunjang Peternakan (UPP) Kecamatan Donggo mulai melaksanakan vaksinasi awal pada 40 ekor anjing di 2 desa.

“Sejak Senin kemarin kami turun lapangan melakukan vaksinasi di 2 desa yaitu Desa Rora dan Desa Kala,” ujar Kepala UPP Kecamatan Donggo Mahfud, Juma’t (22/3).

Selain 2 desa tersebut, rencananya ada beberapa desa lain seperti Desa O’o, Mpili, Mbawa, Ndano Na’e dan Doridungga juga akan dilakukan vaksinasi berikutnya.

“Beberapa desa tersebut termasuk tinggi tingkat pemeliharaan anjing, dan rencananya beberapa hari ke depan kami akan telusuri semua,” ungkapnya.

Kata mahfud, mengingat Pulau Sumbawa sudah ditetapkan waspada rabies, UPP Kecamatan Donggo segera mengambil tindakan menyusul beberapa kecamatan lain yang sudah melakukan hal yang sama.

“Ini memang harus dilakukan secepatnya. Melihat perkembangan anjing di Kecamatan Donggo yang tinggi, kita semua perlu waspada,” katanya.

Ia mengaku, dari hasil vaksinasi, masih ada beberapa kendala yang dialami, yakni anjing-anjing piaraan warga seringkali dibawa ke kebun dan hutan. Untuk itu, ia mengimbau masyarakat agar segera membawakan anjingnya agar bisa divaksinasi.

*Kahaba-07

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *