Anjing Rabies Gigit Warga Tonda, UPT Peternakan Madapangga Vaksinasi 

Kabupaten Bima, Kahaba.- Wabah penyakit anjing gila atau rabies mulai masuk di Kabupaten Bima. Setelah akhir tahun 2018 Kabupaten Dompu dinyatakan positif penyakit rabies, baru-baru ini warga Desa Tonda Kecamatan Madapangga diserang dan digigit anjing yang positif rabies.

UPT Peternakan Madapangga saat vaksinasi anjing. Foto: Ist

Karena itu, UPT Peternakan Kecamatan Madapangga langsung mengambil sikap untuk melakukan vaksinasi terhadap anjing-anjing di kecamatan setempat, agar wabah rabies tidak meluas.

“Selain itu juga ada instruksi dari Dinas Peternakan Kabupaten Bima agar anjing divaksin,” ujar Kepala UPT Peternakan Madapangga Ahyar Anis, Jumat (22/3).

Kata dia, kegiatan vaksinasi anjing sudah dilakukan mulai tanggal 14 Maret 2019, dan jadwalnya akan dilakukan hingga tanggal 26 Maret 2019 mendatang. Hingga kini, pihaknya telah vaksinasi sebanyak lebih dari 300 anjing.

“Sampai sekarang kami sudah vaksinasi di 3 desa, masing – masing Desa Tonda, Mpuri, dan Woro,” sebutnya.

Ahyar menjelaskan, ia bersama tim akan rutin turun ke desa untuk vaksinasi anjing. Tanggal 25 Maret 2019 nanti, tim dijadwalkan akan turun di Desa Ndano, dan tanggal 26 Maret 2019 akan dilakukan di Desa Campa.

Ahyar mengimbau kepada masyarakat agar kooperatif dengan petugas yang turun untuk vaksinasi anjing-anjing yang dipelihara. Agar mempermudah kerja petugas sebagai upaya pencegahan menyebarnya wabah rabies.

*Kahaba-10

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *