Lindungi Laut dan Pantai, LHB Bersih Pantai dan Tanam Pohon

Kota Bima, Kahaba.- Membantu selamatkan ekosistem laut, Komunitas Lindungi Hutan Bima (LHB) menggelar aksi bersih-bersih di Pantai Lawata, dan menanam 50 bibit jenis pohon, Minggu (24/3).

LHB foto bersama usia bersih pantai dan tanam pohon. Foto: Ist

Koordinator kegiatan LHB Sudirman mengungkapkan, aksi sosial itu digelar karena selama ini pantai Lawata yang jadi icon Kota Bima kotor ketika tingkat pengunjung banyak.

Untuk itu, pihaknya ingin membangun kesadaran pengunjung, bahwa menjaga kekebersihan pantai itu merupakan tugas dan tanggungjawab bersama.

“Saat bersih Lawata banyak sampah plastik. Sampah yang terkumpul diangkut truk dari Dinas Lingkungan Hidup untuk dibuang pada tempatnya,” ujarnya.

Setelah aksi bersih pantai dilakukan, pihaknya menanam 50 bibit pohon jenis trambesi, ketapang dan beringin. Ini dilakukan mengingat di sepanjang pantai tersebut khusus sekitar Masjid Terapung belum ada pohon yang ditanam.

“Fungsi penanaman ketiga pohon tersebut untuk membantu menahan laju air laut ketika gelombang tinggi. Apalagi saat ini, cuaca seperti angin kencang dan gelombang tinggi sering terjadi,” katanya.

Sudirman menambahkan, aksi sosial tersebut sebagai wujud kecintaan terhadap lingkungan yang saat ini sudah mulai dilupakan masyarakat. Padahal bercermin pada musibah yang sering terjadi, bencana terjadi akibat ulah tangan manusia yang tidak mampu menjaga lingkungan dengan baik.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *