Lomba Kreasi Seni, Upaya KPU Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Kabupaten Bima, Kahaba.- Upaya untuk mendorong peningkatan partisipasi dan pendidikan pemilih pada Pemilu 2019 terus dilakukan KPU Kabupaten Bima dengan beragam kegiatan dan acara.

Lomba Kreasi Seni

Setelah beberapa waktu lalu menggelar Konser Musik Pemilih Berdaulat Negara Kuat, KPU kembali mengagendakan sosialisasi pendidikan pemilih yang dikemas dalam bentuk lomba kreasi seni.

“Rencananya kegiatan akan digelar pada Senin 1 April 2019 malam di Paruga Nae Bolo,” jelas Ketua Divisi SDM dan Sosialisasi KPU Kabupaten Bima Ady Supriadin, Kamis (28/3) sore.

Ada 3 jenis lomba yang digagas lanjutnya, yakni Lomba Tari Kreasi, Lomba Puisi Pemilu dan Lomba Kareku Kandei. Peserta lomba yang disasar yakni kalangan pelajar atau pemilih pemula dan pemilih perempuan.

“Lomba yang digelar sebenarnya hanya sebagai pemantik untuk menghadirkan masyarakat karena tujuan utama kita adalah sosialisasi Pemilu 2019,” jelas Ady.

Out put kegiatan tersebut kata dia, adalah peningkatan partisipasi pemilih tercapai, masyarakat mengetahui informasi waktu pemungutan suara, tata cara coblos, jenis surat suara hingga ajakan agar tidak golput.

“Melalui lomba juga kita ingin mengangkat nilai lokal Bima. Jadi, bukan sekedar kegiatan seremonial semata,” ujarnya.

Ia membeberkan, di lokasi kegiatan, KPU Kabupaten Bima juga akan menyiapkan Klinik Pemilu bagi masyarakat yang ingin konsultasi dan menanyakan langsung informasi kepemiluan.

“Kegiatan yang akan kita laksanakan merupakan agenda nasional sehingga tidak hanya Kabupaten Bima yang melaksanakan,” terangnya.

Ady menambahkan, selain sosialisasi rutin ke desa-desa, KPU Kabupaten Bima masih menyiapkan kegiatan lainnya dalam waktu dekat ini. Diantaranya, KPU Fun Run dan Lomba Selfie di TPS.

“Semua itu bertujuan agar info Pemilu 2019 membekas di masyarakat dan peningkatan partisipasi,” tandasnya.

*Kahaba-10

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *