Kabar Bima

Wawali Sesalkan Banyak ASN dan Masyarakat tak Hadiri Haflah Quran

214
×

Wawali Sesalkan Banyak ASN dan Masyarakat tak Hadiri Haflah Quran

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Pemerintah Kota Bima melalui Bagian Kesra Setda Kota Bima menggelar Haflah Tilawatil Quran, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bima Ke-17 yang jatuh pada tanggal 10 April 2019 mendatang.

Wawali Sesalkan Banyak ASN dan Masyarakat tak Hadiri Haflah Quran - Kabar Harian Bima
Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan. Foto: Bin

Haflah Tilawatil Quran berlangsung selama 2 hari, mulai tanggal 5 – 6 April 2019 bertempat di Lapangan Pahlawan Raba dan halaman Kantor Walikota Bima. Kegiatan itu menghadirkan qori internasional H Dasrizal M Mainin dan Budiman Hasan, serta qori nasional Khairunnisa. Haflah dipandu oleh Pimpinan Pondok Pesantren Al-Husainy Kota Bima H Ramli Ahmad dan Ust H Abidin H Idris.

Wawali Sesalkan Banyak ASN dan Masyarakat tak Hadiri Haflah Quran - Kabar Harian Bima

Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan dalam sambutannya menyampaikan, Haflah Tilawatil Quran merupakan kegiatan rutin tahunan untuk rmenyambut Hari Ulang Tahun Kota Bima. Tujuannya untuk memperdengarkan lantunan ayat suci Al Quran, agar generasi Kota Bima menjadi generasi Qurani yang berakhlakul karimah dan tetap berpegang teguh pada falsafah hidup “Maja Labo Dahu”.

“Pemerintah saat ini sedang berupaya menghidupkan kembali falsafah Maja Labo Dahu. Maja bermakna malu untuk melanggar norma dan Dahu bermakna takut kepada Allah SWT, memiliki makna universal dan memiliki esensi Islami sebagai pedoman hidup. Jika kita berpegang teguh kepada falsafah ini, maka kita akan takut berbuat hal-hal yang tidak baik,” katanya.

Feri mengatakan, haflah merupakan sebuah perayaan, pesta atau kegembiraan atas sesuatu yang dikaitkan dengan kitab suci Al Quran yang harus dihadiri oleh seluruh masyarakat. Namun, disesalkannya banyak masyarakat, khususnya ASN lingkup Pemerintah Kota Bima tidak menghadiri kegiatan tersebut.

“Momentum haflah ini hanya sekali setahun, kegiatan ini juga bagian dari program membumikan Al Quran. Harusnya kita semua tergugah untuk bisa mengajak masyarakat kita, terutama generasi muda untuk mencintai Al Quran,” ujar Wakil Walikota.

Oleh karena itu, ke depan Wakil Walikota berharap seluruh masyarakat dan ASN bisa menghadiri dan meramaikan kegiatan keagamaan seperti ini, sebagai bagian dari majelis ilmu yang bisa dimanfaatkan untuk menambah pemahaman dan wawasan tentang Al Quran.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut juga dihadiri anggota DPR RI H Syafruddin, Sekda Kota Bima H Mukhtar, Asisten Setda, pimpinan Perangkat Daerah Pemerintah Kota Bima, Camat dan Lurah, Ketua MUI Kota Bima, tokoh agama, tokoh masyarakat, pimpinan organisasi wanita, serta anggota majelis taklim.

*Kahaba-01