Siswa SMPN 1 Soriutu USBN Pakai Android, Katanya Ikut Perkembangan Zaman

Kabupaten Dompu, Kahaba.- Jika sejumlah sekolah lain memilih menerapkan pelaksanaan Ujian Nasional Berstandar Nasional (USBN) menggunakan komputer, tapi berbeda dengan SMPN 1 Soriutu Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu. Sekolah tersebut justru melaksanakannya pakai HP Android.

Siswa SMPN 1 Soriutu saat melaksanakan USBN menggunakan HP Android. Foto: Ist

Wakasek Umum SMPN 1 Soriutu Tri Asmoro mengatakan, sebanyak 164 siswa-siswi SMPN 1 Soriutu melaksanakan USBN selama 6 hari, mulai  tanggal 8 April – 13 April 2019. Sementara fasilitas yang digunakan yakni HP Android.

Menurut dia, ada beberapa alasan kenapa sekolah melangsungkan ujian berbasis android, karena mudah dan tidak ribet. Siswa juga bisa langsung membaca soal dan mengerjakannya.

“Kami pakai android karena kita harus mengikuti perkembangan zaman. Ujian pakai android juga lebih efisien,” ujarnya saat dihubungi media ini, Rabu (10/4).

Selain itu, sisi positif lain jika ujian menggunakan android yakni, sekolah lebih banyak menghemat biaya, mudah dan soal ujian yang ada juga diacak. Sehingga menghambat siswa agar dapat menyontek.

“Ini pertama kalinya dan sangat bagus. Semua siswa yang ikut ujian menggunakan Android masing-masing sesuai dengan petunjuk yang ada. Siswa juga diajarkan untuk tes kejujuran,” bebernya.

Dengan itu, ia mengungkapkan biaya yang sebelumnya dapat mencapai Rp 12 juta ketika ujian manual, kini lebih hemat, efektif, dan mudah. Bahkan hanya menghabiskan anggaran sekitar Rp 5 juta ketika menggunakan android.

“Ini sangat membantu, siswa juga merasa senang,” katanya.

*Kahaba-07

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *