1.000 Siswa Khatam Al Quran Peringati HUT Kota Bima ke-17

Kota Bima, Kahaba.- Sebanyak 1.000 siswa khatam Al Quran massal dirangkaikan dengan dzikir dan doa dalam rangka memperingati HUT Kota Bima ke-17, di halaman Kantor Walikota Bima, Rabu (10/4).

Acara Khatam Al Quran Peringati HUT Kota Bima ke-17. Foto: Ist

Siswa yang khatam terdiri dari 650 siswa SD Negeri, 120 siswa dari 5 Madrasah, 120 santri dari 5 pondok pesantren, dan 110 siswa dari 4 SMA Negeri yang ada di Kota Bima. 50 siswa dan santri melakukan prosesi khataman di panggung mewakili seluruh peserta.

Khataman Al Quran ini juga merupakan bagian akhir dari rangkaian proses kegiatan pembinaan tahsin dan tilawah Al Quran yang dilaksanakan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bima, bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qu’an (STIQ) Bima dan beberapa lembaga pendidikan Islam lainnya.

Selain itu, kegiatan diisi dengan tausiyah yang disampaikan oleh Ust Mizan Qudusiyah.
Dalam tausiyahnya, Ust Mizan Qudusiyah menyampaikan, untuk mewujudkan sebuah negeri yang aman, nyaman dan damai, ada 4 hal yang harus dilakukan oleh penduduknya yaitu, meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, hendaknya memiliki keikhlasan dalam berbuat kebaikan, berdoa kepada Allah agar dipilihkan pemimpin yang baik dan mencintai rakyatnya, serta selalu menjaga kebersamaan dengan pemimpin kaum muslimin dan tidak berpecah belah.

“Berpegang teguhlah kalian pada tali agama Allah, dan janganlah kalian berpecah belah,” kutipnya arti sebuah ayat Al Quran.

Pada akhir tausiyahnya, Ust Mizan Qudusiyah mengajak para ulama, asatidz, tokoh agama, dan tokoh masyarakat agar mengingatkan masyarakat tentang pentingnya selalu bersama pemimpin dalam kebaikan.

“Jika pemimpin melakukan kesalahan, mari diluruskan ke jalan yang benar dan cara yang syar’i,” katanya.

Hadir pada kegiatan tersebut Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan, Sekda Kota Bima beserta jajarannya, Ketua TP PKK Kota Bima, Ketua GOW Kota Bima, Ketua Dharma Wanita Kota Bima, Ketua MUI Kota Bima, Ketua PGRI Kota Bima, tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi wanita, ormas dan majelis taklim se-Kota Bima.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan sertifikat khataman massal secara simbolis oleh Sekda Kota Bima kepada perwakilan peserta khataman.

*Kahaba-01

 

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *