Walikota Bima Terima Hibah Kapal Pelayaran dari Kemenhub

Kota Bima, Kahaba.- Pemerintah Kota (Pemkot) Bima menerima hibah kapal pelayaran dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Penyerahan hibah dilakukan oleh Dirjen Perhubungan Laut R Agus H Purnomo, diterima Walikota Bima HM Lutfi, di Surabaya, Senin (15/1).

Walikota Bima saat menyampaikan sambutan pada Musrenbang Penyusunan RKPD Kota Bima Tahun 2020. Foto: Ist

“Objek hibah berupa 1 unit kapal pelayaran rakyat Banawa Nusantara berukuran 35 GT, bersumber dari APBN Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Tahun Anggaran 2018.

Selain kapal sebagai objek utama hibah, Dirjen Perhubungan Laut juga menyerahkan dokumen kapal berupa surat ukur kapal, surat pas besar, sertifikat perlengkapan keselamatan, konstruksi, dan radio kapal yang bersifat sementara dengan masa 3 bulan.

“Pemerintah Kota Bima sebagai penerima hibah bertanggungjawab atas pemanfaatan dan pemeliharaan objek hibah,” ujar Walikota Bima.

Lutfi yang didampingi Kepala Dinas Perhubungan H Zulkfli menjelaskan, Pemerintah Kota Bima berkewajiban mengurus sertifikat grose akta sebagai bukti kepemilikan kapal.

“Setelah hibah diterima, kita juga akan melakukan pencatatan aset terhadap objek hibah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan,” tuturnya.

Kapal ini nantinya akan dimanfaatkan untuk pengangkutan penumpang dan barang dalam mendukung konektivitas tol laut untuk daerah terpencil yang tidak dilalui rute kapal perintis.

Kehadiran kapal pelayaran rakyat (Pelra) ini bisa mengisi rute daerah terpencil dalam mendukung ekonomi masyarakat dan pengembangan pertanian, perikanan dan pariwisata.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *