Kabar Bima

Baksos Operasi Katarak di RSUD Kota Bima, Pasien Membludak

235
×

Baksos Operasi Katarak di RSUD Kota Bima, Pasien Membludak

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Bakti sosial (Baksos) dalam rangka operasi katarak gratis, kerjasama Pemkot Bima dengan Perdami, Dikes Provinsi NTB dan Fred Hollows Foundation (FHF) akan digelar besok, Minggu (21/4) di RSUD Kota Bima. Namun hingga hari ini, jumlah peserta yang mendaftar membludak dan melebihi target.

Baksos Operasi Katarak di RSUD Kota Bima, Pasien Membludak - Kabar Harian Bima
Pasien operasi katarak saat berdesakan untuk mendaftar di RSUD Kota Bima. Foto: Bin

Ketua panitia kegiatan Thoriqathilhaq mengatakan, Baksos dalam rangka HUT Kota Bima ke-17 itu hanya diberi kuota sebanyak 150 orang pasien. Tapi sejak dibukanya pendaftaran, yang datang untuk melakukan screaning lebih dari kuota.

Baksos Operasi Katarak di RSUD Kota Bima, Pasien Membludak - Kabar Harian Bima

“Pasien yang daftar membludak. Yang sudah screaning bahkan sudah melebihi kuota,” ungkapnya, Sabtu (20/4).

Diakui Agus, sapaan akrabnya, mestinya operasi dilaksanakan mulai hari ini. Tapi diundur karena jumlah pasien yang mendaftar semakin banyak. Sebagai penanggungjawab kegiatan, pihaknya mencoba minta penambahan kepada Perdami dan FHF, akhirnya disetujui jumlah penambahan kuota.

“Dokter sudah menyatakan stop, karena lebih. Akhirnya kita lobi dan dibuka kembali. Artinya tidak ada pasien yang ditolak. Makanya pendaftaran hari ini sampai jam 2 siang,” ungkapnya.

Karena pasien membludak kata dia, operasinya akan mulai dilaksanakan besok. 12 orang dokter akan mulai bekerja maksimal, sehingga ditargetkan sebanyak 150 orang bisa dioperasi selama 1 hari.

“Nanti sekali masuk operasi ada 4 orang pasien. Semoga saja bisa dituntaskan selama 3 hari,” harapnya.

Agus menambahkan, jumlah pasien yang mendaftar tidak hanya di Kota Bima, tapi juga datang dari Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu bahkan dari Labuan Bajo. Pihaknya pun berharap semoga kegiatan tersebut bisa berjalan lancar dan tanpa kendala berarti.

*Kahaba-01