Walikota Kunjungi Bakti Sosial Operasi Katarak

Kota Bima, Kahaba.- Walikota Bima H Muhammad Lutfi dan Ketua TP PKK Kota Bima Hj. Ellya H. Muhammad Lutfi mengunjungi Bakti Sosial Operasi Katarak yang dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bima, Minggu (21/4).

Walikota Bima saat meninjau operasi Katarak di RSUD Kota Bima. Foto: Ist

Keduanya didampingi Sekretaris Daerah Kota Bima H Mukhtar Landa, Kepala Bappeda Kota Bima Darwis, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bima H Azhari, Kepala Dinas Sosial H Muhidin, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Bima Hj Salmah H Mukhtar dan anggota TP PKK Kota Bima.

Plt Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima H A Malil mengatakan, bakti sosial operasi katarak ini merupakan hasil kerjasama Perdami (Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia) Cabang NTB, Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Fred Hollows Foundation (FHF) dan Pemerintah Kota Bima. Kegiatan tidak hanya diikuti oleh warga Kota Bima, melainkan juga masyarakat Kabupaten Bima.

Kata dia, Baksos diawali dengan screening awal para peserta operasi yang telah dilaksanakan pada tanggal 11-20 April 2019. Tahap berikutnya yakni screening akhir yang dilaksanakan tanggal 20 – 21 April 2019.

“Pelaksanaan operasi dilakukan mulai Sabtu, 20 April 2019, hingga Minggu, 21 April 2019, dan diberikan waktu kontrol sehari setelahnya yakni tanggal 22 April 2019,” katanya.

Jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 474 orang yang terbagi menjadi dua bagian yakni dari Kota Bima sebanyak 272 orang dan dari Kabupaten Bima sebanyak 202 orang. Jumlah ini melebihi target awal yang diperkirakan 150 orang. Kemudian dari hasil screening didapat 424 orang yang layak operasi.

“Dari jumlah 424 orang yang berhasil dioperasi sebanyak 164 orang, sementara 260 orang cadangan yang akan menunggu operasi dalam bakti sosial berikutnya,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Walikota Bima yang mengunjungi kegiatan ini mengapresiasi. Melihat antusiasme masyarakat, Walikota mengharapkan kegiatan operasi katarak ini dapat dilaksanakan kembali di Kota Bima dengan jangkauan peserta yang lebih banyak.

“Jumlah masyarakat yang masih belum dioperasi masih cukup banyak. Kegiatan ini perlu kita laksanakan lagi dalam waktu dekat”, harapnya.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *