Kabar Bima

PPK Donggo Tepis Beredarnya Isu Pembagian 700 Lebih Surat Suara di Donggo

253
×

PPK Donggo Tepis Beredarnya Isu Pembagian 700 Lebih Surat Suara di Donggo

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Beberapa hari terakhir ini beredar isu pembagian surat suara yang dilakukan oleh PPK Kecamatan Donggo sebanyak 700 lebih. Ketua PPK Kecamatan Donggo Komalariani pun langsung bersikap tegas menepis beredarnya hoax tersebut.

PPK Donggo Tepis Beredarnya Isu Pembagian 700 Lebih Surat Suara di Donggo - Kabar Harian Bima
Ketua PPK Donggo Komalariani. Foto: Hardi

Melihat postingan salah satu akun Facebook bernama Kur’an Kritizs pada Tanggal (22/4) Pukul 22.02 Wita, PPK Donggo menyatakan secara tegas bahwa informasi itu merupakan hoax dan sangat tidak benar.

PPK Donggo Tepis Beredarnya Isu Pembagian 700 Lebih Surat Suara di Donggo - Kabar Harian Bima

Dalam isi postingan yang dimaksud tersebut, tercantum kalimat “Dengar kabar, di Kecamatan Donggo ada sisa suara yang dikantongi oleh PPK yang diserahkan oleh KPPS (Penyelenggara) untuk Kontestasi Pemilihan Caleg DPRD Kab. Bima Dapil III, kisaran lebih-kurang 700 lebih. Dengar kabarnya, sisa suara tersebut mau dibagikan untuk beberapa Partai (?). Hanya sebagian partai saja (baru Praduga),”

“Informasi ini tidak benar, kami selaku penyelenggara tingkat kecamatan merasa dirugikan, sebab kami tidak pernah melakukan hal tersebut,” tegas Komalariani, Rabu (24/3).

Ia menuturkan, mereka bisa melihat sendiri jumlah data pemilih yang ada. Dari 2 desa yang dianggap akan dibagikan suara sekitar 700 lebih itu semua tidak benar.

“Surat suara yang dimaksud itu adalah Desa Mbawa dan Desa Doridungga dengan jumlah surat suara sisa sebanyak 774, tetapi itu semua tidak pernah dilakukan pembagian,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, berdasarkan data dapat dilihat dari jumlah pengembalian surat suara termasuk 2 desa tersebut, sebanyak 1.731 surat suara, dan ini terhimpun secara keseluruhan di tingkat kecamatan.

“Kami PPK di tingkat Kecamatan Donggo membantah hal itu karena terbukti sesuai data, kami tidak melakukan itu semua. Secara resmi surat suara yang kami kembalikan sesuai data yakni 1.731 surat suara,” tegasnya.

Ia menyampaikan agar penyebar informasi bohong tersebut harus segera mengklarifikasi dan meminta maaf atas postingan secepatnya.

*Kahaba-07