Jelang Ramadhan, Baznas Maksimalkan Tugas UPZ Masjid dan Musholla

Kota Bima, Kahaba.- Jelang bulan suci Ramadhan 1449 H yang akan dimulai pada 5-6 Mei mendatang, jajaran Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bima menggelar kegiatan pembinaan 50 tenaga Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid dan Musholla se-Kota Bima, mulai sejak Senin sampai Kamis (22-25/4).

Kegiatan pembinaan 50 tenaga Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid dan Musholla se-Kota Bima. Foto: Eric

Ketua Baznas Kota Bima H A Bakar Haris dalam laporan menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembinaan kepada UPZ untuk mengerti dan memahami tugas pokok dan fungsi (tupoksi). Sehingga dalam pengumpulan zakat di masyarakat, bisa tepat sasaran dan meningkat.

“Target tahun 2019 pengumpulan zakat fitrah Rp 6 miliar. Inshaa Allah melalui penambah UPZ baru, bisa menambah persentase pengumpulan zakat setengah dari target tersebut,” ujarnya.

Kata mantan Asisten III itu, pembinaan ini dilakukan agar setiap UPZ juga bisa menjalankan tugas mengumpulkan zakat mulai pekan depan. Karena dalam perencanaan Baznas, hasil pengumpulan zakat sudah bisa disalurkan kepada penerima manfaat jelang perayaan Idul Fitri bulan Juni mendatang.

“Selain mengumpulkan zakat, juga sekaligus mendata warga yang tidak mampu dan masuk kategori 8 asnaf sebagai penerima manfaat. Sehingga saat penyaluran, tepat sasaran,” katanya.

Haris menambahkan, terkait jenis bantuan yang akan disalurkan kepada penerima manfaat, bukan dalam bentuk dana, tapi berupa barang yang berguna untuk kebutuhan masyarakat. Bila dalam bentuk materi, akan dipergunakan untuk keperluan lain.

*Kahaba-04    

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *