Kabar Bima

Dandim Bima Ajak Warga Jaga Stabilitas Wilayah

227
×

Dandim Bima Ajak Warga Jaga Stabilitas Wilayah

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dandim 1608/Bima, Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra menyempatkan diri untuk melaksanakan Shalat Jumat bersama warga di Masjid Raya Talabiu, Jumat (26/4/19). Pada kesempatan itu, dirinya mengajak warga untuk menjaga stabilitas wilayah, karena keamanan merupakan tanggungjawab bersama.

Dandim Bima Ajak Warga Jaga Stabilitas Wilayah - Kabar Harian Bima
Dandim 1608 Bima, Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra saat memberikan arahan kepada jamaah Sholat Jumat di Masjid Raya Talabiu. Foto: Ist

Dandim selepas Shalat Jumat menjelaskan, segala sesuatu telah digariskan oleh Yang Maha Kuasa, sebagaimana diyakini tentang adanya Takdir Allah. Kepada yang telah berhasil diajaknya untuk disyukuri dengan semakin meningkatkan amal ibadah. Untuk yang masih belum berhasil, jangan lantas menyalahkan orang lain, tetapi lebih baik melihat kepada diri pribadi masing-masing,

Dandim Bima Ajak Warga Jaga Stabilitas Wilayah - Kabar Harian Bima

“Instropeksi diri jauh lebih baik daripada mencari-cari kesalahan yang akhirnya hanya menambah rasa dendam, benci dan marah. Hanya menambah penyakit dalam hati kita,” ucap Dandim.

Menurut Bambang, Ikhtiar itu wajib hukumnya, tapi dengan cara yang baik, bukan segala macam cara kemudian dilakukan dengan dalih ini merupakan sebuah ikhtiar. Jika memang sudah ditakdirkan sesuatu itu menjadi hak, apapun tidak akan bisa menghalanginya.

“Sebaliknya, jika bukan menjadi rezeki kita, barang yang sudah di depan mata tidak akan bisa kita raih,” jelasnya.

Dandim bahkan mengutip salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari, bahwa orang yang paling kuat bukanlah mereka yang paling sering memenangkan pertempuran, bukanlah mereka yang selalu menang dalam perdebatan. Namun orang yang kuat adalah mereka yang tetap mampu mengendalikan dirinya sendiri terutama pada saat kondisi marah.

Kepada seluruh jamaah shalat jumat di Masjid Raya Talabiu Dandim berharap agar sama-sama menjaga keamanan, kenyamanan serta stabilitas wilayah kita bersama, sehingga situasi yang selama ini telah kondusif dapat kita pelihara dan tingkatkan.

Usai memberikan imbauan serta harapan kepada jamaah yang hadir, Dandim menutup kegiatan dengan bersalam-salaman sebagai bentuk komitmen untuk menjaga stabilitas wilayah.

*Kahaba-01