Kabar Bima

BUMDes Tambe Optimis Raih Juara Tingkat Kabupaten Bima

223
×

BUMDes Tambe Optimis Raih Juara Tingkat Kabupaten Bima

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Mewakili Kecamatan Bolo, Ketua BUMDes Tambe M Ali H Anwar merasa optimis bisa meraih juara pada lomba BUMDes tingkat Kabupaten Bima tahun 2019.

BUMDes Tambe Optimis Raih Juara Tingkat Kabupaten Bima - Kabar Harian Bima
Ketua BUMDes (kiri) dan ketua BPD Desa Tambe (Pakai Topi). Foto : Yadien

Keyakinannya menjadi juara bukan tanpa dasar. Dari faktor administrasi dan pembukuan serta program kerja selama BUMDes setempat terbentuk, sudah sangat baik.

BUMDes Tambe Optimis Raih Juara Tingkat Kabupaten Bima - Kabar Harian Bima

“Kami tertib administrasi dan sangat rapi,” ujar M Ali kepada media ini usai dinilai oleh DPMDes Kabupaten Bima, Selasa (30/4).

Ia menjelaskan, sejak tahun 2016, BUMDes telah menyumbang PADes untuk desa Rp 1 juta setiap tahun. Dengan jumlah anggaran yang dikelola Rp 40 juta tahun 2016 dan Rp 20 juta tahun 2017.

“Anggaran itu dialokasikan dari pemerintah desa,” jelasnya.

Sejak itu kata dia, BUMDes menjalankannya program simpan pinjam. Meski terkadang mandek di masyarakat yang meminjam namun tidak menyebabkan inflasi.

Sementara untuk tahun 2019 kata dia, pihaknya akan mengganti program kerja menjadi perdagangan. Yang diperdagangkan juga rencananya beragam, mulai dari jual beli hasil pertanian sampai Saprodi.

“Di Desa ini belum ada yang jual Saprodi. Peluang itu yang kami lihat dan manfaatkan,” bebernya.

Untuk tahun 2019 BUMDes setempat akan mendapatkan dana dari pemerintah desa untuk dikelola sebanyak Rp 100 juta dan rencananya juga akan mendapat dana hibah dari DPMDes Provinsi NTB sebanyak Rp 100 juta. Dana itu akan dikelola maksimal untuk perdagangan dan pihaknya akan hilangkan program simpan pinjam.

Dengan program tersebut sambung M Ali, pihaknya optimis akan mampu menyumbang PADes yang lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya.

Di tempat terpisah, Sekretaris Desa Tambe Hairul Fitriadin mengatakan, sejauh ini kinerja BUMDes setempat sudah bagus, dengan pembukuan yang juga bagus.

Ia juga membenarkan jika BUMDes setempat akan mendapatkan anggaran dari pemerintah desa sebanyak Rp 100 juta dan dana hibah dari DMPDes Provinsi NTB sebesar Rp 100 juta.

“Tahun ini mereka akan mengelola anggaran yang cukup besar. Kami sudah terima program kerja mereka,” katanya.

*Kahaba-10