Gelombang Tinggi, BMKG Imbau Nelayan Agar Waspada

Kabupaten Bima, Kahaba.- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) Bima mencatat, mulai tanggal 30 April 2019 hingga 3 Mei 2019 mendatang, cuaca di Bima dan Dompu cukup ekstrim dengan status waspada.

Ilustrasi

Forecaster On Duty BMKG Bima Lavia Farareta mengatakan, hingga tanggal 3 Mei 2019 nanti diperkirakan akan terjadi hujan sedang dan lebat disertai angin kencang di Bima dan Dompu. Itu terjadi karena adanya pola tekanan rendah yang terbentuk di perairan Utara Pulau Sumbawa yang menyebabkan terbentuknya awan hitam.

“Ombak tinggi juga diperkirakan masih ada di perairan Bima dan Dompu,” ujarnya pada media ini, Selasa (30/4).

Untuk itu BMKG mengimbau kepada masyarakat agar terus mengupdate informasi perkiraan cuaca BMKG dan tetap waspada. Terutama untuk para pelaut dan nelayan agar tidak dulu melaut dalam beberapa hari ke depan.

“Kondisi ini diperkirakan akan berlangsung sampai 3 Mei mendatang,” katanya.

Ia membeberkan, diperkirakan tinggi gelombang bisa mencapai 1,25 meter hingga 2,5 meter di perairan Jawa dan Pulau Sumbawa termasuk Bima.

“Kondisi gelombang tersebut sangat berbahaya bagi kapal pelaut dan nelayan, kapal songkang dan kapal berukuran menengah,” bebernya.

*Kahaba-10

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *