Kabar Bima

Desak Perhitungan Ulang Suara Palibelo, PMPD Demo KPU

214
×

Desak Perhitungan Ulang Suara Palibelo, PMPD Demo KPU

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Puluhan warga Palibelo yang tergabung dalam Pemuda dan Masyarakat Pemerhati Demokrasi (PMPD) menggelar aksi demonstrasi di pertigaan jalan menuju Kantor KPU Kabupaten Bima, Jumat (3/5).

Desak Perhitungan Ulang Suara Palibelo, PMPD Demo KPU - Kabar Harian Bima
Demonstrasi di depan kantor KPU Kabupaten Bima. Foto: Yadien

Koordinator Lapangan (Korlap) Bambang mengatakan, ada dugaan kecurangan yang sistematis, terstruktur dan masif pada Pemilu di Kecamatan Palibelo. Pasalnya saat rekapitulasi tingakat kecamatan setempat, suara partai Nasdem sebanyak 473 hilang.

Desak Perhitungan Ulang Suara Palibelo, PMPD Demo KPU - Kabar Harian Bima

“Itu berdasarkan C1 yang kami pegang dan data dari Panwascam Palibelo,” ujarnya.

Selain itu kata dia, pada pleno rekapitulasi tingkat kecamatan setempat juga ada perselisihan suara sah dan tidak sah yang ada di DA1 dengan hasim rekap. Dihasil rekap tertera jumlah suara sah dan tidak sah sebanyak 2826, sementara di DA1 hanya 2353.

“Ada pengurangan sebanyak 73 suara di DA1,” katanya.

Karena itu, pihaknya mendesak Bawaslu Kabupaten Bima untuk mengeluarkan rekomendasi agar dilakukan perhitungan ulang untuk semua desa di Kecamatan Palibelo dengan cara buka peti.

“Kami sudah sampaikan itu kepada Bawaslu tadi, bersama bukti-bukti yang kami punya,” tuturnya.

Kemudian kata Bambang, dia juga meminta KPU Kabupaten Bima agar tidak melakukan pleno rekapitulasi suara Kecamatan Palibelo sampai rekomendasi perhitungan ulang suara dikeluarkan oleh Bawaslu Kabupaten Bima.

“Kami menuntut KPU dan Bawaslu bersikap netral, tegas dan profesional dalam menjalankan tugas sebagai penyelenggara pemilu,” tuntutnya.

*Kahaba-10