Kabar Bima

La Rimpu Ajak Masyarakat Bersihkan Perbatasan Ngali – Renda

248
×

La Rimpu Ajak Masyarakat Bersihkan Perbatasan Ngali – Renda

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Komunitas La Rimpu bersama sejumlah komunitas dan organisasi bergotong – royong membersihkan area perbatasan Renda – Ngali, Sabtu (4/5).

La Rimpu Ajak Masyarakat Bersihkan Perbatasan Ngali - Renda - Kabar Harian Bima
Gotong royong bersihkan sampah di perbatasan Ngali – Renda. Foto: Hardi

Gotong-royong ini dilakukan karena sepanjang jalan raya Renda – Ngali dipenuhi sampah plastik dan sampah sisa -sisa panen bawang yang dibuang masyarakat sekitar.

La Rimpu Ajak Masyarakat Bersihkan Perbatasan Ngali - Renda - Kabar Harian Bima

“Sampah disepanjang jalan ini begitu mengganggu pengguna jalan. Menumpuk dan bau,” ujar anggota  La-Rimpu, Santun Aulia.

Ia mengakui, Komunitas La Rimpu sengaja membersihkan area tersebut agar memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan dan membuang sampah di tempatnya.

“Ke depan kami bersama pemerintah kecamatan dan desa serta masyarakat akan membersihkan rutin setiap bulan di wilayah ini,” ujar Anggota La-Rimpu yang lain, Lily Marfuatun.

Sementara itu Camat Belo Bambang Purwanto menambahkan, tempat ini menjadi tempat pembuangan sampah masyarakat sekitar. Padahal pembersihan ini merupakan kesekian kalinya.

“Sudah sekian kali dibersihkan, tapi tetap saja masyarakat membuang sampah di area ini,” katanya.

Usai ini, Bambang akan mengajak masyarakat untuk mencoba garap sampah ini dan memberikan pemahaman agar masyarakat bisa memperbaiki dan menjaga lingkungan sekitar. Pihaknya juga akan bangun Tempat Pembuangan Sampah Sementara di sekitar ini, agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan.

Ia berharap gerakan pembersihan sampah tetap intens dilakukan, agar tidak merusak lingkungan, menimbulkan penyakit,  dan sampah bis adikelola juga dengan baik.

*Kahaba-07