Kabar Bima

DPPPA Bina Kelompok PATBM di Kelurahan Jatibaru

223
×

DPPPA Bina Kelompok PATBM di Kelurahan Jatibaru

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Setelah membentuk kelompok Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Nasyarakat (PATBM) April lalu, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Bima memberikan penguatan kapasitas melalui kegiatan pembinaan untuk wilayah Kelurahan Jatibaru Kecamatan Asakota.

DPPPA Bina Kelompok PATBM di Kelurahan Jatibaru - Kabar Harian Bima
Pembentukan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM), di aula SMKN 3. Foto: Eric

Kepala DPPPA Kota Bima melalui Kabid Pemenuhan Hak Anak Rasnaida menyampaikan, PATBM merupakan gerakan dari jaringan kelompok masyarakat, yang bekerja secara terpadu untuk mencapai tujuan bersama dalam melindungi hak anak.

DPPPA Bina Kelompok PATBM di Kelurahan Jatibaru - Kabar Harian Bima

“Pembinaan ini baru pertama kali di tahun 2019, dan yang pertama kami pilih Kelurahan Jatibaru. Selanjutnya akan diikuti kelurahan lain yang telah kami bentuk kelompok PATBM beberapa waktu lalu,” ujarnya, Rabu (8/5).

Rasnaida menjelaskan, pembinaan ini bertujuan untuk membentuk kelompok PATBM yang mampu bekerja dengan baik, dalam melakukan upaya pencegahan dan respon cepat bila terjadinya tindak kekerasan terhadap anak. Dengan membangun kesadaran masyarakat itu sendiri, maka terjadi perubahan pemahaman, sikap dan perilaku dalam memberikan perlindungan kepada anak.

“Kelompok PATBM yang telah terbentuk, diharapkan mampu bekerjasama dengan baik dalam upaya mencegah terjadinya kekerasan terhadap anak,” harapnya.

Ia menambahkan, dengan adanya kelompok PATBM tersebut. Maka upaya pemerintah dalam menekan angka kekerasan anak dapat terus diminimalisir. Sehingga anak dapat berinteraksi dengan baik di tengah kehidupan sosial kemasyarakatan dan paham akan hak yang dimiliki.

*Kahaba-04