Bulan Ramadan, DLH Kerja Ekstra Tangani Sampah

Kota Bima, Kahaba.- Memasuki Bulan Ramadan, volume sampah meningkat dibeberpa tempat. Itu disebabkan banyaknya aktivitas jual beli masyarakat. Untuk itu, petugas sampah harus mengeluarkan tenaga ektra untuk menanaganinya.

Korlap Sampah Uba Al Amin. Foto: Ist

Kabid Pengolahan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Kota Bima melalui Korlap Sampah Uba Al Amin menyampaikan, untuk volume sampah di Pasar Raya Lama dan area pertokoan saat ini meningkat dibandingkan bulan biasa. Di hari biasa, pihaknya hanya menggunakan satu unit truk dumtrek dan 10 orang petugas untuk mengumpulkan sampah di 2 tempat tersebut.

“Tapi di bulan puasa ini, kami menggunakan 2 unit truk dumtrek dan 20 petugas untuk menangani sampah di pasar lama dan area pertokoan,” ujarnya, Kamis (9/5).

Menurut Uba, untuk membersihkan sampah tersebut, pihaknya akan mulai bekerja setelah Sholat Tarawih dan berakhir sekitar pukul 22.00 Wita. Untuk pagi hari, 20 petugas akan kembali bekerja untuk mengumpulkan sampah di pemukiman warga, sebagai tugas rutin.

“Untuk volume sampah di  Pasar Amahami dan sampah di pemukiman warga hanya meningkat sedikit saja,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini dirinya meminta dan mengimbau pada masyarakat, terutama penjual yang berada di pasar lama dan area pertokoan untuk bisa membuang sampah dalam karung dan plastik. Sehingga petugas tidak merasa kesulitan mengambil dan menaikan sampah di atas mobil.

“Kita imbau warga juga agar menyimpan sampah di pinggir jalan, pastikan sampah tersebut dimasukan dalam wadah, agar tidak berceceran di jalan,” imbaunya.

*Kahaba-05

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *