Kelurahan Dara Dipilih Jadi Kelurahan Bersinar

Kota Bima, Kahaba.- Kelurahan Dara Kecamatan Rasanae Barat terpilih mewakili Kota Bima untuk menjadi wilayah percontohan Bersih dari Narkotika (Bersinar).

Camat Rasanae Barat L Sukarsana (Kanan) bersama Lurah Dara Bukhari (Kiri). Foto: Ist

Camat Rasanae Barat L Sukarsana mengungkapkan, dipilihnya Kelurahan Dara sebagai wilayah percontohan bebas narkoba oleh pihak Pemerintah Provinsi NTB, berdasarkan SK Gubernur NTB Nomor 354 -145 tahun 2019, tentang penetapan lokasi Desa dan Kelurahan Bersih dari Narkoba.

“Terpilihnya Kelurahan Dara mewakili Kota Bima karena selama 3 tahun terakhir berdasarkan hasil survei Pemerintah Provinsi NTB mampu bekerjasama dengan semua pihak. Termasuk mampu mengendalikan situasi keamanan dan ketertiban wilayah,” katanya, Senin (13/5).

Kata dia, penetapan itu juga dilakukan saat kegiatan sosialisasi Program Desa-Kelurahan Bersinar di Hotel Fave Kota Mataram Kamis sampai Sabtu (9-11/5). Kegiatan itu dibuka Wakil Gubernur NTB, dan dihadiri camat, lurah, kepala desa, tokoh masayarakat, BNN dan Bakesbangpol se-NTB.

Sata itu sambung Sukarsana, Wakil Gubernur NTB menyampaikan bahwa masalah narkoba merupakan masalah yang tidak bisa dipandang sebelah mata, dan haris menjadi tanggungjawab semua pihak. Oleh sebab itu diperlukan tindakan promotif dan preventif, untuk menekan perkembangan narkotika di NTB yang semakin masif.

“Pemerintah dan juga aparat penegak hukum mengajak semua elemen untuk memerangi narkoba.  Dimulai dari diri sendiri, lingkungan keluarga dan juga masyarakat,” ujarnya.

Mantan Camat Asakota itu menjelaskan, dengan adanya program sosialisasi tersebut. Maka ke depan pihaknya juga akan terus berupaya melakukan upaya dan tindakan pencegahan peredaran narkoba di lingkup wilayahnya.

Sementara itu Lurah Dara Bukhari menambahkan, bangga atas terpilihnya Kelurahan Dara sebagai kelurahan Bersinar. Dalam waktu yang tidak lama, pihaknya akan merancang berbagai macam program kegiatan dan kreatifitas kemasyarakatan.

“Ada 4 program unggulan yang telah kami gagas. Di antaranya pembentukan kelompok penyadaran masyarakat, sekolah persinggahan, penguatan gerakan anti narkoba dan upaya penindakan terhadap peredaran narkoba,” sebutnya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *