Kabar Bima

KBM SMPN 2 Bolo Tetap Lancar di Bulan Ramadan

242
×

KBM SMPN 2 Bolo Tetap Lancar di Bulan Ramadan

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Meski dalam suasana Ramadan, pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SMPN 2 Bolo tetap berjalan lancar. Dari jumlah siswa kelas 7 dan 8 sekitar 420 orang, hanya 10 persen yang tak hadir.

KBM SMPN 2 Bolo Tetap Lancar di Bulan Ramadan - Kabar Harian Bima
Kepala SMPN 2 Bolo Rifaid. Foto: Yadien

“Kurang lebih hanya sekitar 42 orang saja yang tidak hadir dari jumlah siswa sebanyak 420 orang,” ujar Kepala SMPN 2 Bolo Rifaid, Kamis (16/5).

KBM SMPN 2 Bolo Tetap Lancar di Bulan Ramadan - Kabar Harian Bima

Ia menegaskan, sekolah setempat sama sekali tidak memperbolehkan siswa untuk libur atau bolos meskipun dalam bulan Ramadan. Apalagi, dalam waktu dekat siswa kelas VII dan VIII akan menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS).

“Saya tegaskan kepada semua guru dan siswa agar selalu hadir sekolah. Apalagi kita akan menghadapi PAS dalam waktu dekat,” tegasnya.

Kata dia, kendati proses KBM lancar, namun jam pelajaran saat Ramadan berubah dari hari-hari biasa. Jika hari biasa sekolah masuk pukul 07.15 Wita dan pulang pukul 12.30 Wita, sedangkan bulan Ramadan sekolah masuk pukul 08.00 Wita berakhir 12.00 Wita.

Ia menjelaskan, dengan pengurangan jam pelajaran tersebut, otomatis mengurangi juga jam pertemuan setiap mata pelajaran. Misalkan dalam satu kali pertemuan dengan guru mata pelajaran 60 menit di hari biasa, menjadi 40 menit.

“Pengurangan jam pelajaran tersebut didasari oleh surat edaran Dinas Dikbudpora  tentang pelaksanaan KBM di bulan Ramadhan,” jelasnya.

*Kahaba-10