Ratusan Anak-anak Ikuti Lomba Ramadan Ceria di Masjid Al-Muwahidin

Kota Bima, Kahaba.- Memeriahkan perayaan Nuzulul Quran 1440 H/2019 M, Pengurus Masjid Al-Muwahidin Kota Bima menggelar kegiatan Ramadan Ceria. Adapun mata lomba yakni hafalan Quran ayat-ayat pendek, lomba adzan, praktik bacaan shalat, lomba da’i dan da’iah cilik.

Pembukaan Lomba Ramadan Ceria di Masjid Al-Muwahidin. Foto: Ist

Ketua Panitia H Muhidin H Mustafa melaporkan, Lomba Ramadan Ceria dilangsungkan di Masjid Al-Muwahidin Kota Bima selama 2 hari. Selasa (21/5) hingga Kamis (23/5).

“Puncak kegiatan hari Kamis tanggal 23 Mei 2019 pada saat peringatan Nuzulul Quran 1440 Hijriyah setelah shalat Isya,” katanya saat pembukaan kegiatan di Masij Al-Muwahidin Kota Bima, Selasa pagi (21/5).

Ia menyebutkan, peserta lomba yakni Taman Kanak-Kanak (TK) usia 5-6 tahun, SD/MIS kelas 4-6, dan Taman Pelajaran Alqur’an (TPA) usia 7-12 tahun.

“Alhamdulillah sampai dengan hari pertama pembukaan lomba, peserta yang mendaftar mengikuti lomba sebanyak 247 orang,” sebutnya.

Muhidin menjelaskan, kriteria lomba hafalan Al Quran ayat-ayat pendek putra dan putri untuk TK wajib Surah Al Fatihah dengan pilihan sesuai surah yang dihafal. SD/MIS usia 4-6 tahun wajib Surah Ad Duha dengan pilihan Surah Al Qafirun, Al Qori’ah, dan At tin.

“Sedangkan untuk TPA usia 7-12 tahun wajib alam nasr dengan pilihan Al Lahab, Al Ma’un, dan Al Falaq,” jelasnya.

Untuk kriteria Lomba Adzan Putra, lanjut Muhidin, TK mempraktikan adzan selain adzan subuh. SD/MIS dan TPA sama-sama memraktikan azan subuh.

“Lomba praktik bacaan shalat putra dan putri hanya diikuti SD/MIS dan TPA dengan mempraktikan shalat magrib dari niat sampai salam dengan suara jahr. Kemudian untuk lomba da’i dan da’iah cilik putra dan putri hanya untuk SD/MIS dan TPA dengan tema bebas,” pungkas Muhidin.

Pembukaan Lomba Ramadan Ceria dibuka secara resmi oleh Camat Rasanae Barat. Selain peserta lomba, pembukaan kegiatan dihadiri pengurus Masjid Al-Muwahidin Kota Bima.

“Kegiatan ini patut kita apresiasi sebagai wadah untuk membentuk pribadi anak-anak sebagai generasi bangsa yang islami,” ujar Sekcam RasanaE Barat, Syarif Rustaman.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *