Kabar Bima

Kelayakan Bus AKDP dan AKAP Diperiksa, Supir Dites Urine

162
×

Kelayakan Bus AKDP dan AKAP Diperiksa, Supir Dites Urine

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Tim gabungan terdiri dari unsur TNI, Sat Lantas Polres Bima Kota, Dishub, Sat Pol PP Kota Bima, UPTD Pengujian Kendaraan serta BNNK mengikuti apel siaga pemeriksaan kondisi armada bus di Terminal Dara, Sabtu (1/5). Kegiatan tersebut guna memastikan keamanan angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) lebaran tahun 2019.

Kelayakan Bus AKDP dan AKAP Diperiksa, Supir Dites Urine - Kabar Harian Bima
Tim gabungan saat memeriksa kelayakan bus di Terminal Dara. Foto: Ist

Usai apel tim memeriksa kendaraan mulai dari kondisi ban, lampu bahkan semua peralatan bus berkaitan dengan keselamatan dalam perjalanan. Hasil pemeriksaan ditemukan bus salah membawa surat surat kendaraan serta izin trayek. Selain itu juga dilakukan tes urine para supir bus oleh petugas BNNK Bima.

Kelayakan Bus AKDP dan AKAP Diperiksa, Supir Dites Urine - Kabar Harian Bima

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bima H Zulkifli mengatakan, tujuan dilakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan maupun kelayakan pengemudi, karena penting untuk keselamatan penumpang.

“Semuanya harus lengkap dan layak. Apabila bus saja yang layak, sementara supir tidak siap, maka akan sangat berbahaya bagi keselamatan penumpang,” ujarnya.

Selain pemeriksaan kelayakan bus pun ada petugas BNNK yang memeriksa urine supir bus, untuk memastikan apakah mereka bebas dari obat terlarang.

“Selain urine, kesahatan para supir juga harus dicek,” katanya.

Dari rangkaian kegiatan ini, ia berharap seluruh aktivitas perjalanan lebaran tahun ini bisa berjalan aman dan lancar. Penumpang juga bisa tiba di tujuan dengan selamat.

*Kahaba-01